Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kronologi Perampok Sergap Security dan Bongkar Brankas Dealer Mobil Honda

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Mei 2016 - 05:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekitar dua jam sejak pukul 02.00 WIB, Kamis (28/4/2016), delapan perampok, tujuh di antaranya telah diringkus selesai melancarkan aksi di dealer mobil Honda Trio Raya. Lantas seperti apa cerita aksi mereka hingga berhasil membongkar brankas di ruang Staff Only dan menggondol uang senilai Rp 87 juta (bukan Rp 75 juta)

Kedatangan mereka Yono Saragih (masih DPO), Hatigoran, Zailani, Jakaria, Muhajirin, Dedi Irawan, Saut Tambunan dan Nurkolis terpantau pada pukul itu melalui CCTV. Mereka datang menggunakan mobil rental yang disewa di Kalimantan Timur.

Kemudian mereka menyergap pos keamanan. Lima di antaranya yakni Yono Saragih (bawa parang), Zalani (bawa kapak), Hatigoran, Jakaria (bawa parang) dan Muhajirin masuk ke dalam pos.

Saat penyergapan berlangsung petugas keamanan yang bertugas yakni Sutrisno, 26, warga Jalan Sapan dalam posisi tertidur. Sedangkan Iman, 32, warga Jalan Kalibata sedang bersantai melihat tayangan televisi sepakbola.

Yono Saragih dan Zailani lalu mengancam Iman kemudian mengikat dan melakban, sedangkan Sutrisno dieksekusi oleh Muhajirin. Setelah selesai menyekap dua petugas keamanan itu dan berhasil mendapatkan kunci dealer, mereka menuju dealer tempat brankas disimpan.

Yang masuk adalah Yono Saragih, Zailani, Hatigoran, Saut Tambunan, Nurkolis dan Muhajirin. Setelah pintu dealer terbuka, mereka mendadak dikagetkan dengan nyalanya bohlam listrik dari sebuah warung samping kanan dealer.

Spontan, mereka berlari menuju warung itu. Kecuali Dedi Irawan yang menunggu di dalam mobil. Kemudian, Zailani, Nurkolis, Yono dan Jakaria masuk dalam warung makan tersebut. Mereka kemudian menyekap pemilik warung bernama Guntoyo, 56, warga Jalan RT A Milono.

Setelah tiga orang disekap, delapan rampok kembali melanjutkan aksinya. Zailani, Hatigoran, Saut Tambunan, Nurkolis memasuki dealer lalu menuju ruang Staff Only, tempat brankas disimpan. Untuk Yono menjaga Guntoyo, sedangkan sisanya menjaga dua satpam dan berjaga-jaga.

Brankas berlapis baja lalu dibongkar menggunakan alat linggis, palu dan pahat. Dalam beberapa menit, uang Rp 87 juta berhasil diembat. Sebelum meninggalkan ruang dealer, Muhajirin lalu membantu masuk dan menuju tempat kasir. Ternyata dia mengambil tisu untuk membersihkan bercak darah mengingat ada di antara pelaku terluka saat mencongkel brankas.

Semua lalu keluar dan Zailani berperan membawa uang puluhan juta itu. Dia kemudian memanggil Yono, kemudian meninggalkan lokasi menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan dilanjutkan ke Kalimantan Timur.

Pernah disekap dan diancam akan dikapak bila melawan, petugas security dealer, Sutrisno mengaku trauma. Sebab, pengalaman buruk itu merupakan kali pertama baginya. "Ya trauma. Tidak tahu akan terjadi seperti ini," aku Sutrisno.

Tujuh perampok kecuali Yono yang diberaksi di dealer mobil Honda Trio Raya, Jalan Adonis Samad, Palangka Raya pada Kamis (28/4/2016) sekitar pukul 02.40 WIB lalu itu diringkus di Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Jumat (29/4/2016) dini hari. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru