Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertama Kali Jelajahi Hulu Kahayan

  • 01 Mei 2016 - 19:53 WIB

PUNCAK Bukit Samatuan yang berada di kawasan Bukit Kaminting diyakini sebagai asal mula manusia diturunkan ke bumi oleh Ranying Hatala (Tuhan Yang Maha Kuasa). Sehingga Bukit Samatuan ditempatkan sebagai kawasan yang sangat sakral oleh umat Hindu Kaharingan.

 Demikianlah  tertulis dalam Panaturan,  Kitab Suci Agama Hindu Kaharingan. Apa yang  diyakini masyarakat Hindu Kaharingan ini tetap dijaga kesakralannya. Dan dalam arus kemajuan yang kian deras, kelestarian,  dan keabadaiannya patut dijaga.

 Bukit Keminting  yang di dalamnya bertengger  Bukit Samatuan, berada di wilayah Hulu Sungai Kahayan. Untuk menjaga kelestarian atas kesakralan bukit itu,  Pemkab Gunung Mas akan melaksanakan hajatan yang disebut Ekspedisi Bukit Keminting.

 Hajatan ini bisa dibilang legendaris, karena inilah pertama kali pemerintah dengan sengaja menggelar kegiatan untuk mengeksplor kawasan yang penuh dengan mitos dan legenda itu. Ekspedisi itu sendiri akan dilakukan pada perempat akhir 2016 nanti. Tetapi untuk membuat perencanaan yang matang kegiatan bersejarah itu, pekan lalu dilakukan pemetaan atau semacam survai pendahuluan  (pra-ekspedisi).  Wartawan Borneonews Epra Sentosa berkesempatan mengikuti  kegiatan yang berlangsung selama sepekan itu.

 Pra-ekspeisi ini sangat istimewa. Karena Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong, memimpin sendiri kegiatan ini.  Tujuan utama pra-ekspedisi yang diawali dengan menjelajahi bagian hulu Sungai Kahayan ini dimaksudkan  untuk  melihat Kaleka (perkampungan jaman dulu), Dambung Mangkurap dan Bukit Tantan Samantuan.

 Dalam perjalanan munuju hulu Kahayan, rombongan pra-ekspedisi berangkat dari rumah jabatan  Bupati Gumas,  Rabu (20/4/2016) sekitar pukul 08.30 WIB. Rombongan menggunakan 20 mobil, dengan jumlah peserta mencapai seratus orang.

 Dalam perjalanan menuju Hulu Kahayan, rombongan melintasi ruas jalan penghubung Kuala Kurun dengan Tewah ibu kota Kecamatan Tewah. Kemudian, melintasi jalan penghubung Tewah-Tumbang Miri ibu kota Kecamatan Kahayan Hulu Utara dan dilanjutkan melintasi jalan penghubung Tumbang Miri-Tumbang Marokoi ibu kota Kecamatan Damang Batu.  (Epra Sentosa/(*)

Berita Terbaru