Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Remaja dan Lem

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 01 Mei 2016 - 18:45 WIB

DI tengah kesibukan para penegak hukum melakukan operasi 'Bersinar' (Bersihkan Sindikat Narkoba), ada peristiwa lain yang patut disimak.

Operasi  'Bersinar' dilakukan dengan besar-besaran.  Polri menggerakkan tim yang terdiri dari semua kesatuan dan kekuatan.  Semua turun dengan senjata lengkap.  

Sasaran utamanya adalah lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di sekitar kita. Ada beberapa operasi yang membuahkan hasil dengan tangkapan barang bukti yang cukup  berarti. Tetapi ada pula beberapa yang nihil, tidak membuahkan hasil.  Karena rencana operasi itu sudah sampai duluan ke lokasi, alias bocor.

Dan bocornya operasi terhadap Lapas, menunjukkan bahwa Polri bersama tim gagal menyentuh sindikat narkoba. Bocor dan gagalnya operasi membuktikan bahwa sindikat narkoba di lokasi itu bercokol dengan cukup kuat.

Sudah benar, kita harus ekstra waspada terhadap narkoba. Celakanya, kita lengah pada sisi lainnya. Jika narkoba di kalangan anak muda dan dewasa,  kita lengah mengawasi anak-anak kita yang remaja dan pra-remaja.

Anak-anak usia SMP dan bahkan usia SD,  tak kalah penting kita perhatikan. Mengapa Karena mereka juga menjadi 'budak' narkoba jenis lain. Di semua daerah, anak remaja dan pra-remaja  kecanduan narkoba jenis lain ini.   Dan celakanya, narkoba jenis lain ini bisa dibeli di pasar dengan bebas. Bisa didapat dengan mudah. Tak ada pembatasan, tak ada pengawasan.

Apakah gerangan itu Lihatlah setiap lembaran koran dan website, terdapat berita tentang anak-anak yang menghirup lem dan meminum obat batuk.  

Lem yang dihirup, dan obat batuk yang diminum, sudah menjadi pengetahuan umum!  Semuatahu! Tetapi, hingga hari ini, semua pura-pura tak tahu. Atau tidak mau tahu!

Mari lihat bersama-sama. Tak ada lembaga yang hirau terhadap soal ini. Tak ada instansi yang peduli pada soal ini. Padahal bukti-bukti sudah bergelimpangan. Anak-anak ingusan, anak-anak SMP dan bahkan SD, sudah mabuk lem. Sudah mabuk obat batuk.

Lem dan obat batuk adalah candu. Lem dan obat batuh adalah 'sabu' untuk anak-anak kita. Fakta sudah berbicara. Lem, obat batuk, satu garis lurus dengan ekstasi dan sabu. Semuanya bisa menjadi kriminogen dengan derajat yang sama!

Berita Terbaru