Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Dapat Pelatihan Kewirausahaan Jelang Pensiun

  • Oleh Hairul Saleh
  • 03 Mei 2016 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Katingan yang mendekati masa pensiun atau purnatugas mendapat pembekalan dan pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan itu dikemas dalam Program Persiapan Aparatur Sipil Negara Memasuki Masa Purna Tugas melalui pembekalan dan pelatihan kewirausahaan dilaksanakan oleh Korpri Kabupaten Katingan selama empat hari, 2-5 Mei bertempat di Aula Losmen Citra Katingan.

Pada acara pembukaan yang dilaksanakan pada Selasa (3/5), Ketua Panitia Pelaksana Hamlin melaporkan, kegiatan itu diikuti 54 ASN, terdiri dari jabatan struktural 29 orang dan jabatan fungsional sebanyak 25 orang.

"Peserta program persiapan ASN memasuki masa purnatugas ini diikuti oleh ASN yang telah mencapai batas usia pensiun mulai bulan Mei sampai Desember tahun ini," kata Hamlin, Selasa (3/5/2016).

Ia menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam jangka pendek yaitu melaksanakan pelatihan bagi ASN yang sudah purna tugas, dan jangka menengah meningkatkan kegiatan dewan pengurus Korpri Katingan. Sedangkan untuk jangka panjang untuk membentuk kewirausahaan Korpri mandiri di Katingan.

Sementara itu Sekda Katingan Nikodemus yang membuka acara berharap pelaksanaan program persiapan ASN memasuki masa purna tugas tersebut dapat berjalan sukses sebagai upaya untuk membina dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia ASN, yang mampu berkreatifitas berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

"Kepada ASN yang nantinya purnatugas, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan kerjasamanya selama menjalankan tugas di Kabupaten Katingan'. Saya juga mengharapkan kepada jajaran pengurus Korpri agar senantiasa memfokuskan pelaksanaan lima aspek pokok program kerja," ujar Nikodemus.

Lim'a program pokok Korpri itu, sambungnya, pertama mengembangkan kapasitas jajaran pengurus Korpri agar mampu mengemban tugas organisasi secara lenih efektif. Kedua, memperkuat upaya pembinaan jajaran anggota Korpri agar terbangun jiwa korps yang solid antara sesama anggota.

Ketiga, mengembangkan usaha Korpri dalam mendukung peningkatan kesejahteraan bagi seluruh anggota dan keluarga, keempat melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga hukum dalam upaya mengayomi dan memberikan perlindungan hukum bagi seluruh anggota.

"Program korpri yang tak kalah pentingnya juga adalah meningkatkan kemampuan anggota selaku ASN melaui kegiatan pendidikan dan pelatihan agar mmapu melaksanakan tugas secara profesional dan berintegritas," tutupnya. (HAIRUL SALEH/m)

Berita Terbaru