Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Di Blokir Pemerintah, Hingga Kini Game Online Masih Bisa Dimainkan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Mei 2016 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  mengeluarkan pernyataan akan memblokir game online, namun hingga kini game tersebut masih bisa dinimati para penggemarnya.

Arif, pemilik Tamara Net & Service  di Jalan Ahmad Yani RT 23 Kelurahan Baru Pangkalan Bun Kotawaringin Barat (Kobar) menjelaskan. hingga saat ini game online yang masuk dalam 15 judul game yang bakal di blokir, masih tetap bisa dimainkan pelanggan warnetnya.

"Contohnya game Point Blank. saat ini masih bisa dimainkan oleh para user setiap hari. dari informasi yang saya dapatkan dari berbagai forum gamers, bila nantinya pemblokiran bakal direalisasikan pemerintah, gamers seluruh Indonesia bersama-sama mencari cara lain agar game tersebut tetap bisa di mainkan. Bisa menggunakan server luar negeri  dengan Virtual Private Network (VPN) sendiri, yang penting game bisa dimainkan," ujarnya.

Ia juga menceritakan dalam berbagai forum gamers yang diikutinya, rata- rata user mengangap rencana pemblokiran game online dengan alasan merusak mental generasi muda tersebut terkesan lebay.

"Gimana tidak lebay. Coba kita bandingkan aja, lebih banyak mana jumlah penonton sinetron yang menampilkan adegan percumbuan fisik yang tidak layak dilakukan oleh oleh anak remaja, dibandingkan dengan penggemar game online. Tontonan di televisi yang tidak pantas tersebut terpampang setiap hari dan dilihat oleh anak-anak. namun hingga sekarang hal tersebut tidak pernah di blokir," ucapnya dengan nada sinis. 

Sekadar diketahui ada 15 judul game yang dianggap berbahaya oleh Kemendikbud dan KPAI. Di antara game tersebut juga terdapat game online. Ke 15 judul game tersebut adalah World of Warcraft, Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Kombat, Future Cop, Carmageddon, Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict Vietnam, Bully dan Grand Theft Auto.  (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru