Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6.715 Siswa SMP Di Kotim Siap Mengikuti UN

  • Oleh Rafiuddin
  • 04 Mei 2016 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 6.715 siswa SMP, SMPLB dan MTs di Kabupaten Kotawaringin Timur dinyatakan siap mengikuti ujian nasional, 9-12 Mei 2016.

'Semua persiapan sudah dilakukan, tinggal menunggu pelaksanaan. Mudah-mudahan saja semua berjalan lancar dan hasilnya memuaskan,' kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan Kotim, Abung, Selasa (3/5/2016).

Dari data Dinas Pendidikan Kotim pada tahun ini tercatat sebanyak 6.715 siswa SMP, SMPLB dan MTs yang berasal dari 117 sekolah yang akan mengikuti ujian nasional serentak.

Abung menegaskan, kebijakan kelulusan siswa diserahkan kepada satuan pendidikan masing-masing sekolah yang selama ini mentransfer pengetahuan kepada siswa.

Dia berharap pihak sekolah mengedepankan kualitas lulusan agar anak didik yang dihasilkan teruji, baik dari segi kualitas ilmu maupun keterampilannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Suparmadi mengatakan, jelang pelksanaan UN tingkat SMP sederajat ini dia berharap kepada siswa agar lebih menafaatkan waktu untuk belajar sehingga mereka mendapat nilai yang memuaskan pada saat pengumuman kelulusan.

Meski nilai ujian nasional bukan penentu kelulusan, namun nilai itulah yang nanti akan dipakai untuk mendaftarkan diri ke sekolah tingkat SMA.

'Peran orang tua sangat penting untuk memotifasi anak mereka agar memanfaatkan waktu untuk belajar. Semua mata pelajaran selama tiga tahun dipelajari kembali,' ucapnya.

Seperti diketahui katanya, Kotim menjadi daerah dengan indeks integritas Ujian Nasional tertinggi tahun anggaran 2014/2015 di Provinsi  Kalimantan Tengah sehingga mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

'Ada 12 SMA, SMK, MA dan 16  SMP, MTs di daerah kita yang meraih indeks integritas UN tertinggi. Ini merupakan yang terbanyak di Kalteng. Untuk penilaian UN tahun ini, akan diserahkan tahun depan dan kami yakin akan dapat lagi,' kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Ahmad Syaifudi.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dunia pendidikan Kotim. Penghargaan ini menjadi pelengkap karena selain prestasi akademik yang banyak ditorehkan pelajar dan pelaku pendidikan di daerah ini, penghargaan ini juga membuktikan bahwa prestasi-prestasi yang dicapai selama ini diraih melalui proses yang benar.  (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru