Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wiyatno Sebut LHP Terbuka Untuk Umum

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Januari 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno menyebut setiap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang telah disampaikan kepada lembaga perwakilan daerah yakni DPRD bersifat terbuka untuk umum.

Wiyatno mengungkapkan, dengan adanya keterbukaan ini, semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan untuk mengetahui detail hasil pemeriksaan, termasuk laporan yang baru-baru ini diserahkan.

"Kami ingin masyarakat dapat mengakses informasi tersebut, sesuai dengan semangat transparansi yang menjadi pijakan dalam tata kelola pemerintahan," ucapnya, Kamis, 18 Januari 2024.

Selain itu, Wiyatno berharap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalteng juga agar dapat memantau dan memberikan informasi terkait hasil pemantauan atas tindak lanjut yang diambil oleh DPRD terhadap LHP tersebut.

"Kami berharap BPK RI dapat menjadi mitra dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi pemerintahan daerah," tuturnya.

Dalam konteks tindak lanjut terhadap hasil pemeriksaan, DPRD provinsi/kabupaten dijadwalkan akan melakukan pembahasan bersama dengan alat-alat kelengkapan DPRD dan unsur pemerintah daerah.

Apabila diperlukan, sesuai ketentuan pasal 21 ayat (2), DPRD berhak meminta penjelasan tambahan dalam rangka tindak lanjut terhadap LHP atau pemeriksaan lanjutan pada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalteng dan pemerintah daerah.

Di sisi lain, Wiyatno juga mengajak seluruh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng, serta DPRD dari empat kabupaten diantaranya Kotawaringin Timur, Gunung Mas, Barito Utara, dan Lamandau untuk bersatu padu dalam menindaklanjuti hasil LHP.

"Mari kita saling bahu membahu, membantu dalam koordinasi dan komunikasi, guna mencapai tindak lanjut perbaikan dan penataan hasil LHP Kepatuhan Belanja Daerah Tahun 2022 dan 2023, demi keberhasilan pelaksanaan APBD tahun 2024," tutupnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru