Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Prioritaskan Penanganan Permukiman Kumuh di Kecamatan Pahandut

  • Oleh Hendri
  • 22 Januari 2024 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, mengatakan, salah satu prioritasnya dalam menjalankan tugas adalah menuntaskan penanganan kawasan permukiman kumuh di wilayah Kecamatan Pahandut, khususnya permukiman di bantaran Sungai Kahayan.

Menurut Hera, kawasan permukiman kumuh di Pahandut merupakan salah satu yang terluas dan belum terseleikan hingga saat ini.

"Kami akan berupaya seoptimal mungkin untuk menjaga kondisi daerah tetap aman, sekaligus menyelesaikan masalah kawasan kumuh yang sudah lama menjadi persoalan," katanya, Senin, 22 Januari 2024.

Hera mengatakan, penanganan kawasan kumuh di Pahandut dilakukan melalui program kota tanpa kumuh (kotaku) bersama pemerintah pusat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, sarana, dan prasarana permukiman, serta kesejahteraan masyarakat.

"Kami akan melakukan perbaikan secara bertahap, mulai dari on site upgrading untuk tingkat kekumuhan rendah dan sedang, hingga on site reblocking untuk tingkat kekumuhan sangat kumuh," jelasnya.

Pemko juga akan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan, agar mereka merasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap kawasan tempat mereka tinggal.

Hera berharap, dengan adanya program kotaku, kawasan permukiman kumuh di Pahandut dapat berubah menjadi kawasan permukiman yang layak, sehat dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. (HENDRI/H)

Berita Terbaru