Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tari Kahanjak Sambut Kapolres Palangka Raya Baru

  • Oleh Roni Sahala
  • 12 Mei 2016 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tari Kahanjak dan tradisi Potong Pantan menjadi pengiring langkah AKBP Lili Warli memasuki kantor barunya. Dia akan menjabat Kapolres Palangka Raya menggantikan AKBP Jukiman Situmorang, yang mendapat tugas memimpin Polres Kapuas.

Pagi sekitar pukul 08.00, AKBP Lili Wardi bergerak dari Hotel Swiss Bell Kota Palangka Raya menuju Mapolres Palangka Raya dengan dikawal vorijer. Sesampainya, dia disambut gerbang dengan kayu melintang yang disebut Gerbang Pantan, Kamis (12/5/2016).

Sebelum memasuki halaman, pejabat baru wajib memotong kayu melintang tadi dengan menggunakan Mandau sesuai adat istiadat suku Dayak. Setelah pantan putus, kapolres baru bisa memasuki halaman Mapolres Palangka Raya dengan diiringi Tari Kahanjak.

Tari Kahanjak, tutur seorang penari dari sanggar Banama Tingang, merupakan sambutan kepada pejabat baru. Dalam tarian itu disampaikan harapan Suku Dayak akan kepemimpinan yang bijak.

Belum selesai, AKBP Lili Warli kembali harus melewati tradisi Pedang Pora tradisi dalam pergantian pejabat di TNI dan Polri. Dengan diikuti AKBP Jukiman Situmorang, Kapolres Palangka Raya Berjalan melintasi pedang yang dilintangkan dengan iringan puisi dan taburan bunga dari bhayangkari.

AKBP Lili Warli sebelumnya menjabat Komandan Detasemen B Satuan Brimob Polda Kalteng. Turut menyabut dia, unsur forum kerukunan pimpinan daerah (FKPD) Kota Palangka Raya. (RONI SAHALA/m)

Berita Terbaru