Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diguyur Hujan Lebat, Tiang Listrik Timpa Rumah Warga

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Mei 2016 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Hujan lebat yang mengguyur kota Sukamara pada Rabu (11/05/2016) mengakibatkan beberapa tiang listrik yang berada di Kelurahan Padang Kecamatan Sukamara tumbang dan menimpa rumah warga.

Husaini, warga yang rumahnya tertimpa kabel listrik mengatakan, kejadian itu terjadi saat hujan lebat menguyur wilayah Sukamara. Saat kejadian memang tidak ada warga yang berada di luar rumah sehingga kejadian tidak diketahui secara detail.

'Kejadiannya sekitar pukul 14.00 Wib, saat tumbang terdengar suara nyaring sekali. Saya kira itu truk lewat. Saat buka pintu, ternyata tiang listriknya sudah rubuh di samping rumah' kata Husaini, Kamis (12/05/2016).

Ia menuturkan, saat rubuhnya tiang listrik, di bagian atas tiang sempat mengeluarkan asap dan berbau gosong. Ia menduga itu terjadi karena korsletting akibat kabel yang jatuh ke tanah dan terkena air didekat parit.

'Saya sempat takut, soalnya kabelnya tepat di atap rumah dan di depan pintu rumah. Untungnya setelah rubuh listrik langsung padam jadi kita tidak khawatir jika terkena setrum,' ujarnya.

Setelah kejadian itu, lanjutnya, pihaknya langsung melapor ke pihak PLN agar dapat segera melakukan perbaikan. Namun hingga saat ini masih belum adanya perbaikan.

Menurutnya, tiang listrik yang tumbang kemungkinan selain akibat hujan deras yang mengguyur juga kondisi tanah yang gembur sehingga tidak kuat menahan beban dan tiupan angin yang cukup kencang.

'Memang kondisi tanah di sini lembek dan tiang dipasang di dalam parit sehingga posisi tiang tidak kuat,' jelas Saini (nama panggilan)

Ia menakgui bahwa saat pemasangan tiang dan kabel listrik di lokasi tersebut, ia pernah mengingatkan kepada petugas agar menambah pagar atau pengaman pada bagian tiang mengingat kondisi tanah yang memang lembek.

'Dulu saya sudah ingatkan, harusnya dipasang pagar besi, jadi jika ada hujan dan angin kencang tiang tidak akan rubuh. Tapi kata mereka tidak apa-apa,' ucapnya kesal. (MG-13/m)

Berita Terbaru