Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lamandau Siap Peluncuran Program KIA Juli 2016

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Mei 2016 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah siap meluncurkan Kartu Identitas Anak 2016, Juli mendatang. Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri RI nomor 471.1-866 tahun 2016, tentang penetapan kabupaten/kota sebagai pelaksana penerbitan KIA 2016, di seluruh Indonesia ada 60 daerah atau kabupaten/kota yang semula direncanakan launching peluncuran program KIA tersebut.

Lamandau dan Kapuas, dua kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dipercaya menjadi daerah untuk melakukan launcing kartu program ini. Sebelumnya, KIA yang merupakan program kementerian dalam negeri (kemendagri) itu akan dilauncing April 2016. Tetapi, karena belum ada blanko dan ribbon/tinta untuk KIA, peluncuran program tersebut akhirnya ditunda.

"April lalu, program KIA belum bisa dilauncing. Bukan hanya di Lamandau, melainkan di seluruh kabupaten/kota yang semula sudah ditunjuk," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lamandau, H. Adi Kusuma, kepada Borneonews, Jumat (13/5/2016) pagi.

Adi juga menyebutkan, dari hasil Rapat Koordinasi di Jakarta belum lama ini, rencana launcing KIA yang semula diundur telah dijadwalkan ulang untuk Juli 2016. Namun sebelumnya, Ditjen kependudukan dan pecatatan sipil dari Kemendagri akan melakukan sosialisasi di Lamandau, di sejumlah sekolah seperti PAUD, TK, SD dan SMP.  "Termasuk sosialisasi di RS bersalin, panti asuhan, rumah singgah dan pimpinan organisasi wanita dan lainnya."

Untuk blanko dan ribbonnya, asih dalam proses tender di pusat.

Seperti diketahui, KIA adalah kartu indentitas yang diperuntukan bagi anak usia 0 sampai 16 tahun. Hingga pertanggal 31 Maret 2016, jumlah anak-anak kelompok usia 0 sampai 14 tahun di Lamandau, tercatat sebanyak 41.930 jiwa. Artinya, berdasarkan data yang ada, setidaknya kurang lebih 42 ribu anak di Lamandau yang masuk pada program KIA tersebut. (HENDI NURFALAH/N)

Berita Terbaru