Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lamandau Siap Ikuti Kalteng Quality Expo 2016

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Mei 2016 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau siap ikut andil dalam gelaran Kalteng Quality Expo 2016, yang rencananya dipusatkan di Kota Palangka Raya, 19-24 Mei 2016. Kalteng Quality Expo gambaran dari program Kalteng Expo yang biasa digelar Pemprov Kalteng di tahun-tahun sebelumnya. Ajang ini memamerkan pembangunan daerah dari berbagai bidang, mulai ekonomi kreatif hingga pariwisata. Jika di Lamandau, kegiatan serupa dengan Pameran Pembangunan Daerah yang tiap tahun digelar.

"Untuk persiapan keikutsertaan Pemkab Lamandau sudah kita rapatkan dengan sejumlah SKPD. Setidaknya ada 11 SKPD yang kemungkinan besar akan diikutsertakan dalam Kalteng Quality Expo 2016," kata Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto kepada Borneonews, di lingkungan Kantor Bupati Lamandau, Jumat (13/5/2016) pagi.

Ke-11 SKPD tersebut, antara lain Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), Badan Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Perijinan Terpadu, Dinastamben, termasuk Kecamatan Bulik.

Sugiyarto juga memastikan, yang akan mengisi stand-stand pameran tersebut, sejumlah SKPD Lamandau yang diutus memamerkan sejumlah keberhasilan pembangunan Lamandau dari berbagai sektor, termasuk kaitannya dalam bidang pemerintahan. Misalnya, bidang pertanian yang dalam beberapa tahun terakhir Lamandau selalu mencapai target dengan dibuktikan surplus tanaman pangan, misalnya jenis padi.

"Dalam hal ketahanan pangan pun, berbagai macam kekayaan tanaman lokal di Lamandau, terbukti sangat melimpah dan variatif, sehingga Lamandau tidak bergantung pada produk tanaman pangan seperti padi (beras), singkong dan jagung. Banyak juga jenis umbi-umbian dan palawija yang selain dapat dijadikan makanan pengganti, juga berpotensi terus dikembangkan sebagai bahan industri kreatif," sebutnya.

Sugiyarto berharap rencana keikutsertaan sejumlah SKPD dari Pemkab Lamandau dalam Kalteng Quality Expo itu, dapat menjadi sarana promosi tentang segala hal yang saat ini ada di Lamandau. (HENDI NURFALAH/N)

Berita Terbaru