Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lepas Kontingen Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Uriutu
  • 17 Mei 2016 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Bupati Barito Selatan (Barsel)  HM Farid Yusran melepas kontingen untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Palangka Raya. Pelepasan tersebut berlangsung di halaman kantor Bupati setempat. Selasa (17/5/2016).

Farid mengatakan, dengan keikutsertaan kegiatan budaya itu, sebagai upaya dan tanggungjawab membina dan mengembangkan seni budaya daerah di Barsel. Saat ini, keberadaan seni budaya hampir punah. Hal ini disebabkan berbagai macam kondisi baik yang bersifat alamiah maupun kesalahan tindakan para pengelola. Karena ketidakpedulian, ketidakmengertian dan sebagainya.

Karena itu, sangat diperlukan kegiatan perlindungan untuk dapat mencegah kepunahan budaya, salah satunya dengan menggelar kegiatan festival budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus dan mengikuti FBIM setiap tahunnya.

'Kegiatan itu bertujuan melestarikan serta menumbuhkembangkan seni budaya, melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak, memperkenalkan kearifan budaya lokal dan sebagai wadah bagi seniman untuk menampilkan kreatifitas khas daerah,' jelas Bupati.

Menurut dia, melalui kegiatan itu segala bentuk kesenian, olahraga tradisional masyarakat setempat diangkat dan dihidupkan kembali serta ditampilkan sebagai tontonan yang menarik bagi wisatawan.

'Kami berharap keikutsertaan Barsel di ajang FBIM itu berdampak positif bagi pengembangan seni dan budaya, yang berdampak pada kepariwisataan di daerah,' harap dia.

Kepala Dinas Pendidikan selaku ketua kontingan Raden Sudarto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari. Adapun jumlah kontingen sebanyak 125 termasuk pendamping serta tujuh cabang yang diikuti. (URIUTU DJAPER/N).

Berita Terbaru