Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paju Epat Kaji Terap Pengembangan Tomat Varietas Servo

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Februari 2024 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur melakukan kaji terap pengembangan tomat varietas Servo di lahan seluas 25x30 meter.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim menjelaskan, kaji terap tersebut bertujuan untuk mengetahui respons jenis atau varietas komoditas tanaman sebelum diperkenalkan atau diaplikasikan oleh kelompok tani di wilayah binaan masing-masing penyuluh pertanian.

"Untuk olah tanah awal kami berikan perlakuan pemberian kapur dolomit  untuk menetralkan PH tanah, serta pemberian bakteri Trichoderma yang merupakan musuh alami penyakit jamur akar," ungkapnya, Senin, 26 Februari 2024.

Tomat Servo, lanjut Lukman, memiliki keunggulan tahan hama  busuk pantat buah, lebih tahan penyakit layu Fusarium dan tetap produksi tinggi meski iklim ekstrem. Keunggulan tersebut membuat petani di Kecamatan Paju Epat mulai melirik tomat Servo untuk dikembangkan.

Kelompok tani yang sudah mengembangkan komoditas hortikultura tomat varietas Servo yaitu Kelompok Tani Sabar Subur di Desa Siong," paparnya.

Lukman mengatakan, peluang budidaya tomat di Barito Timur masih sangat bagus. Hal tersebut terlihat dari permintaan (demand) yang lebih tinggi dari suplai serta harga jual tomat yang cukup stabil.

"Permintaan pasar masih cukup tinggi melebihi suplai dari petani dan harga jual per kilogram berkisar di Rp20.000 hingga Rp22.000," terangnya. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru