Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadhan Permintaan Daging Meningkat

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Mei 2016 - 21:22 WIB

BORNEONEWS - Sukamara: Berdasarkan data yang ada di Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sukamara jumlahnya permintaan daging ayam potong mencapai 1000 ekor setiap hari saat menjelang hari besar keagamaan. Jumlah tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 250 ekor setiap harinya.

Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Distanak Sukamara, Dina Safarina mengatakan akan terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat untuk kebutuhan daging baik untuk daging ayam potong atau unggas maupun untuk daging sapi setiap memasuki hari-hari besar keagamaan seperti menjelang Ramadhan, hari raya Idul Adha dan Idul Fitri, Natal dan tahun baru.

'Untuk permintaan daging ayam potong kalau pada hari-hari biasa jumlah permintaan dalam satu hari mencapai 250 ekor sampai 400 ekor perhari, sementara saat hari-hari besar akan meningkat menjadi 1000 ekor perhari, jumlah tersebut merupakan permintaan dalam kota Sukamara' kata Dina

Jumlah permintaan ayam potong mencapai ribuan ekor dalam satu hari tersebut tidak saja untuk kebutuhan konsumen yang ada di dalam kota Sukamara khususnya didalam kota Sukamara tetapi juga memasok kebeberapa wilayah lainnya seperti wilayah Kecamatan Manis Mata Provinsi Kalimantan Barat.

'Pedagang dan peternak di Kabupaten Sukamara ada yang memasok untuk masyarakat di Kecamatan Manis Mata,' ucap Dina.

Sementara ketika disinggung untuk permintaan kebutuhan daging sapi, Dina Safarina mengatakan bahwa untuk daging sapi diwilayah Sukamara saat ini masih belum banyak sehingga dalam satu minggu jumlah hewan yang dipotong hanya berkisar 1 ekor sampai 2 ekor sapi.

'Kalau untuk pemenuhan kebutuhan daging sapi diwilayah Kabupaten Sukamara saat ini sudah mencukupi artinya tidak perlu memasok dari luar daerah, bahkan peternakan sapi di Kabupaten Sukamara biasanya menjadi pemasok daging sapi untuk luar daerah yang diambil dari wilayah-wilayah sentra peternakan sapi seperti wilayah pesisir pantai,' Ujar Dina Safarina.

Berita Terbaru