Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

49.371 Kertas Suara Pilkades Serentak Tiba di Barut

  • Oleh Ramadani
  • 19 Mei 2016 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara - Sebanyak 49.371 kertas suara untuk Pemilu Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan 25 Mei 2016, di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) telah tiba di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) setempat. Jumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini, 74 desa, tersebar di sembilan kecamatan. Total jumlah kertas suara yang diperlukan berdasarkan jumlah DPT ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

Kepala BPMD Barito Utara, H Arbaidi mengatakan, kertas suara untuk Pilkades serentak ini baru saja datang dan belum dilakukan serah terima, atau kertas suara masih perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Dalam pengecekan surat suara yang baru tiba ini, kata dia, nantinya dilaksanakan oleh pegawai BPMD Barut dengan mengundang para camat yang lebih mengetahui tentang desa-desa di wilayahnya, disaksikan pihak kepolisian Polres Barito Utara.

'Hari ini dilakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum dilakukan serah terima dari rekanan kepada penerima barang dari BPMD Barito Utara. Apabila ada kekurangan atau kerusakan, pihak rekanan yang nantinya mengganti atau menambahnya karena masih ada cukup waktu,'  jelasnya.

Menurut Arbaidi, pengadaan surat suara ini dilaksanakan melalui CV Barito Tunggal dengan nilai anggaran di bawah Rp200 juta atau penunjukan langsung. 'Untuk kertas suara ini target kita harus sudah siap dalam waktu dekat ini, kemudian dilakukan penyerahan kepada BPMD dari rekanan dan selanjutnya disalurkan ke tingkat kecamatan dan desa,'  jelasnya, Kamis (19/5/2016).

Sementara untuk keperluan kotak suara, lanjut dia, pihaknya telah menyurati pihak KPUD Barito Utara untuk bisa meminjam kota suara yang ada. 'Besok rencananya kita akan mengambil kota suara tersebut dari KPUD Barut untuk pelaksanaan Pilkades serentak 25 Mei Mendatang,' katanya.

Teknis penyaluran logistik Pilkades ini nantinya langsung ke desa-desa pada tanggal 24 Mei dibawah pengawalan Kepolisian, TNI dan Satpol PP, namun khusus untuk desa yang lokasinya jauh seperti Desa Karendan Kecamatan Lahei dan desa-desa di Kecamatan Gunung Purei, pengantaran logistik ini dilakukan sampai ke kecamatan. 'Nantinya pihak desanya  yang akan mengambil dan membawa logistik tersebut ke desanya, dan untuk tanggal pengantaran desa-desa yang lokasinya jauh juga maju dari desa lainnya yakni tanggal 23 Mei,' katanya.

Ia berharap, pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa ini nantinya berjalan dengan aman dan lancar. 'Prinsipnya kita siap melaksanakan Pilkades serentak, nantinya untuk TPS-TPS juga akan ditempatkan aparat kepolisian untuk antisifasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlangsungnya pencoblosan di TPS,' pungkasnya. (RAMADANI/N)

Berita Terbaru