Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 10 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Pelayanan Kesehatan di Katingan Belum Terpenuhi Optimal

 
 
Ketua Komisi I DPRD Katingan Karyadi. BORNEONEWS/HAIRUL SALEH

Ketua Komisi I DPRD Katingan Karyadi. BORNEONEWS/HAIRUL SALEH

BorneoNews

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua Komisi I DPRD Katingan Karyadi yang membidangi sektor pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan masyarakat menilai, pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di 13 ‎kecamatan belum secara optimal terpenuhi.

Menurut Karyadi, masih banyak hal-hal yang harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Pelayanan kesehatan secara baik bagi masyarakat di seluruh kecamatan belum terpenuhi, terutama bagi masyarakat di bagian utara dan selatan," ujar Karyadi, di Kasongan, Minggu (22/5/2016).

Wilayah selatan yang dimaksud yakni Kecamatan Pegatan, Mendawai, Tasik‎ Payawan, dan Kamipang. Sedangkan wilayah utara yakni meliputi Kecamatan Marikit, Sanaman Mantikei, Katingan Hulu, Petak Malai, dan Bukit Raya.

Tak hanya menyoal pelayanan kesehatan, legislator Partai Demokrat itu juga menyebut belum terpenuhinya oleh pemerintah daerah setempat upaya meningkatkan akses dan kualitas kesehatan bagi masyarakat miskin dan rentan miskin.

"Akses dan kualitas bagi masyarakat miskin dan rentan miskin masih belum terpenuhi di setiap wilayah desa dan kecamatan. Terutama masalah jaminan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis," cetusnya.

Bahkan dia juga mengaku miris akan keberadaan tenaga medis yang tersebar di seluruh penjuru daerah Bumi Penyang Hinje Simpei yang tidak merata. Masih ada sejumlah Puskesmas, Pustu hingga Polindes yang tidak mempunyai dokter, bidan bahkan perawat.

Kandidat penyandang gelar doktor ini juga menyinggung masalah sarana, prasarana dan fasilitas infrastruktur dalam bidang kesehatan. 

Menurutnya, terutama yang sangat menjadi perhatian yakni belum berhasilnya pemerintah daerah mengupayakan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kasongan yang menyandang type C menjadi rumh sakit type B. (HAIRUL SALEH/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top