Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berderma, Cara RA AL-Azhar Ajari Anak Bersedekah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Mei 2016 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Al-Azhar, Raudhatul Athfal (RA) atau sekolah taman kanak-kanak bercirikan Islam, sudah mengenalkan anak didik bagaimana berderma sejak usia dini. Mereka diajarkan pentingnya mengasihi sesama melalui ajaran agama yaitu infak dan sedekah. 

Ratusan anak didik dianjurkan menyisihkan sebagian rezeki yang mereka terima dari orang tua, secara sukarela atau seikhlasnya. Lalu setiap pekan di sekolah, uang saku yang disisihkan siswa dikumpulkan oleh tenaga pendidik yang ditunjuk.

Tidak hanya diajari bagaimana menyisihkan dan mengumpulkan derma, anak didik diajak langsung mengunjungi sesamanya yang membutuhkan. Seperti yang berlangsung Kamis (19/5/2016). Mereka diajak menuju panti asuhan (PA) Nurul Solihin di jalan G ObosXXIII Palangka Raya.

'Kami mengajarkan dan membiasakan anak didik ajin berderma. Mereka dikolektif per minggu, yaitu setiap hari Jumat, anak didik berinfak. Lalu satu tahun sekali kami mengadakan kegiatan kunjungan seperti ini,' ungkap Atikah, Kepala RA Al Azhar yang terletak di Jalan Galaxi itu kepada Borneonews.

Ia menuturkan, sasaran tempat kunjungan anak didiknya berpindah-pindah tiap tahun. Begitupun yang diserahkan, bermacam-macam sesuka anak yang berderma. Bisa berbentuk uang ataupun barang. Kata Atikah, yang penting bukan nominal, melainkan penting ditanamkan kepada anak adalah pembiasaan untuk berbelas kasih kepada sesama. Ia pun berharap agar penekanan itu membekas sampai anak didik dewasa kelak.

'Jadi dalamkurikulum itu, ada yang namanya bidang pengembangan sosial dan emosional. Itu diluar bidang atau aspek pendidikan agama dan moral.  Itu harus diajarkan kepada anak,' terangnya. (ROZIKIN/N).

Berita Terbaru