Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Gula Melambung, Dewan Imbau Dinas Diskoperindag Sidak Pasar.

  • Oleh Amar Iswani
  • 24 Mei 2016 - 21:10 WIB

BORNEONEWS- Tamiang Layang:  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Janjo Briano mengimbau Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindak) kabupaten setempat sidak ke pasar terkail mahalnya harga gula pasir. Saat ini  harga per 1 kilogramnya mencapai Rp16 ribu rupiah disejumlah pasar induk maupun tradisional.

Sidak ini dilakukan agar para pedagang tidak menimbun sejumlah barang yang dibutuhkan masyarakat jelang ramadhan pada juni 2016 mendatang dan hari raya idul fitri.

'Penaikan harga gula pasir disejumlah pasar dan harga sembako lainya dikarenakan lambatnya pendistribusian atau terjadinya penumpukan atau menstok sembako oleh oknum pedagang itu sendiri yang mengakibatkan kelangkaan barang sembako,'  ucapnya Selasa (24/5) di Tamiang Layang.

Dengan terjadinya kelangkaan barang sembako dimaksud secara otomatis harganya meroket di sejumlah pasar setempat. Dan yang disensarakan secara otomatis adalah masyarakat.

Menurutnya, strategi pasar yang diduga dilakukan oleh oknum pedagang tersebut seharusnya diantisiapsi sejak dini oleh pihak dinas terkait atau pihak terkait lainnya agar tidak ada penimbunan barang sembako.

Dengan terjadinya penumpukan barang tersebut, secara tidak langsung terjadilah pengaturan harga seenaknya oleh oknum pedagang dengan menjual sembako dengan harga selangit di sejumlah pasar di tengah penderitaan warga saat ini.

' Agar hal ini tidak berkepanjangan atau berlarut, hendaknya pihak dinas terkait atau pihak terkait bekerjasama melakukan sidak pasar disejumlah titik yang diniali rawan terjadi penaikan harga sembako,' imbaunya.

Terpisah, Warga Mamiring, Kecamatan Dusun Timur, Murdiati (50 Tahun) mengatakan, sangat setuju dengan pendapat Anggota Dewan setempat  Janjo tersebut.  Dirinya menambahkan, selama ini memang dinas terkait terkesan lambat dalam antisipasi dini terkaitnya pelambungan harga sembako disejumlah pasar.

Padahal menurut ia dengar di sejumlah media cetak dan elektronik Pak Presiden Joko Widodo mengatakan tidak ada penaikan harga pada bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri nanti. Namun pada kenyataannya harga gula pasir dan bawar mengalami penaikan harga di sejumlah pasar. (Amar Iswani/*.

Berita Terbaru