Wonderful Indonesia
 
Selasa, 06 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Tambah Pasokan LPG 3 Kg Jelang Ramadan

 
 
Penjualan ecer LPG tabung isi 3 kg ramai di Kota Sampit, Kotim. Diperkirakan kebutuhan LPG selama Ramadan hingga lebaran nanti meningkat. BORNEONEWS/M.RIFQI

Penjualan ecer LPG tabung isi 3 kg ramai di Kota Sampit, Kotim. Diperkirakan kebutuhan LPG selama Ramadan hingga lebaran nanti meningkat. BORNEONEWS/M.RIFQI

BorneoNews

BORNEONEWS, Kotim - Kebutuhan tabung gas (LPG) kemasan 3 kilogram diprediksi meningkat di bulan Ramadan 2016, yang kurang dari dua pekan lagi. Pemkab Kotim melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) setempat perlu mengajukan penambahan pasokan LPG kepada Pertamina.

“Usulan penambahan pasokan LPG 3 kg itu perlu dilakukan mulai sekarang, lantaran akan ada peningkatan permintaan dari masyarakat. Paling tidak ada penambahan sekitar 100% dari alokasi harian,” kata anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Ida Laila, di Sampit, Rabu (25/5/2016).

Penambahan pasokan itu terutama untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan hingga lebaran. Sebab, selain masyarakat yang menggunakannya, kebutuhan gas LPG meningkat karena banyaknya usaha kecil terutama pedagang makanan siap saji membutuhkan LPG untuk menunjang usaha mereka. Jangan sampai, kata Ida, saat momen keagamaan terjadi kelangkaan dan kenaikan harga LPG.

Kalaupun masih terjadi kelangkaan dan kenaikan harga, politisi PPP itu mengusulkan agar instansi terkait dalam hal ini dinas perindustrian perdagangan dan pengelolaan pasar (Disperindagsar) setempat bersama Distamben menggelar operasi pasar dengan menggandeng Pertamina.

“Dengan adanya penambahan pasokan dari kondisi normal, kami berharap masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan atau sulit mencari LPG saat Ramadan hingga lebaran,” harapnya.

Sementara itu, Ipul, 43, seorang pengecer LPG 3 kg di Sampit, mengatakan, biasanya lonjakan permintaan akan terjadi pada awal Ramadan dan mendekati lebaran. Karena itu, setidaknya pada sepekan sebelum Ramadhan penambahan pasokan mesti dilakukan.

Saat ini penjualan tabung LPG berukuran 3 kg masih dalam kadar normal. Perharinya, sekitar 5-7 tabung gas ukuran 3 kg terjual. Menjelang Ramadan, biasanya perhari tabung gas yang terjual mencapai 10-15 tabung gas ukuran 3 kg. Jumlah ini akan meningkat lebih pesat, menjelang lebaran.

“Kami berharap Pertamina menjamin peningkatan pasokan, agar tidak ada kelangkaan,” kata Ipul. (M. RIFQI/N).


 

BERITA POPULER

Pencurian

Kecelakaan Maut

Kecelakaan Lalu Lintas

Penganiayaan

Kecelakaan Maut

Pencurian

Pencurian Kendaraan Bermotor

Kecelakaan maut

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top