Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ayo Membangun Banua!

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 25 Mei 2016 - 21:44 WIB

SIKAP tawakhal  dan kesabaran rakyat KalimantanTengah itu digenapiNya sudah! Sugianto Sabran dan Habib Ismail,  akhirnya dilantik oleh  Presiden Joko Widodo di Istana  Negara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng .

Penantian itu  sedemikian lama.  Tetapi, kini rakyat Kalteng  telah lega. Pemimpin baru yang ditunggu-tunggu  akan segera memulai kiprahnya.  Tugas  berat telah menanti.  Yaitu melanjutkan estafet pembangunan Kalimantan Tengah.

Sejarah mencatat,  Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang unik. Pembentukannya didasari dan diliputi suasana yang sangat religius.  Tepat bulan Mei  59 tahun silam,  umat Muslim dan Nasrani di  daerah ini sedang merayakan  hari suci, yakni  perayaan  Idul Fitri dan hari Paskah.  Suasana Idul Fitri dan Paskah yang menyatu menjadikan semangat membangun provinsi baru ini menjadi  bulat dan kuat.

Gubernur kala itu, RTA Milono dan tokoh pejuang Tjilik Riwut bersama  rakyat, termasuk mereka yang tergabung dalam gerakan Mandau Telawang  Panca Sila bahu-membahu merintis  pembentukan provinsi, sekaligus  mendirikan ibu kota, yaitu Kota Palangka Raya.

RTA Milono, sebagai salah satu putra terbaik Kalteng, kala itu  menyatakan, 'Palangka Raya berarti tempat yang suci, yang mulia dan besar.'   Oleh karena itu,  apa yang dikemukan 'pendiri Kalteng' itu merupakan sebuah wasiat, sebuah pesan suci yang hendaknya bisa  terus dijaga dan dipelihara oleh para pemimpin-generasi penerusnya.

Dan memang terbukti, hingga kini, rakyat Kalteng mampu menjaga pesan suci ini,yakni menjadikan  daerah ini  sebagai tempat yang  nyaman, rukun dan damai  bagi berbagai etnis, agama    dan  budaya.  Pluralisme, kebhinekaan,  menjadi warna dan cita-rasa  kehidupan warga dalam satu kesatuan huma betang.  Dan itulah modal  dasar bagi provinsi  ini untuk menjadi kuat, kokoh, kompak danbulat dalam setiap gerak langkah. Yaitu gerak langkah membangun daerah: membangun banua!   

Di era  globalisasi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), kehadiran pemimpin baru sungguh menjadi energi  yang penting.  Yaitu energi  yang penuh inspirasi, energi  yang penuh dedikasi dalam memimpin rakyat,  dan mengelola pemerintahan yang baik,  bersih dan amanah.  Sehingga kita bersama-sama, bahu-membahu sepakat membangun daerah menjadi maju dan sejahtera. Ayo membangun banua!

Berita Terbaru