Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadan Dinkes Waspadai Makanan Dan Minuman Berbahaya

  • Oleh M. Rifqi
  • 27 Mei 2016 - 16:14 WIB

BORNEONEWS,Kotim-Jelang Ramadan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotim mewaspadai peredaran makanan dan minuman (mamin). Dinkes bakal melakukan pengawasan langsung di pasar tradisional, swalayan, dan toko kelontong yang menjadi rujukan warga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Dinkes Kotim Faisal Novendra Cahyanto, mengaku geram meyusul setiap tahun ditemukan makanan dan minuman tidak layak konsumsi, terutama pada bagian kemasan yang sudah penyok.

'Memang dibandingkan tahun 2014, tahun 2015 lalu jumlahnya sudah berkurang. Harapan kami tahun ini nihil," katanya, Jumat (27/5/2016).

Dia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan tim inspeksi guna mengantisipasi peredaran bahan makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan kadaluwarsa. Pembentukan tim itu dalam rangka memberikan perlindungan terhadap konsumen atas makanan dan minuman yang dikonsumsi.

"Sebenarnya pengawasan peredaran makanan dan minuman merupakan kegiatan rutin. Tetapi menjelang Ramadan dan lebaran kegiatan akan lebih ditingkatkan,' ucap dia.

Menurutnya, bahan-bahan kimia seperti pewarna dan bahan pengawet tergolong bahan tambahan pangan yang sering disalahgunakan pemakaiannya sehingga membahayakan konsumen.

"Pengawasan perlu dilakukan karena keamanan dan mutu makanan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri makanan dan juga konsumen. Sesuai dengan amanat UU No 7 Tahun 1996 tentang Pangan," ujarnya. (RF/*)

Berita Terbaru