Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 10 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Upaya Prefentif Diharapkan Bisa Tanggulangi Karhutla

 
 
 (BORNEO/DOK)

(BORNEO/DOK)

BorneoNews

BORNEONEWS,Pulang Pisau-Mengahadapi kemarau panjang tahun ini yang berimbas pada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diharapkan tidak menimbulkan kebakaran lahan yang berimbas pada kabut asap seperti tahun sebelumnya. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto, Jumat (27/5).

Dia mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah Daerah Pulpis melalui SKPD terkait, salah satunya adalah Dinas Perkebunan dan Kehutanan ( Disbunhut) Kabupaten Pulpis yang mengaku sudah beberapa bulan lalu melakukan tindakan prefentif kepada masyarakat untuk bisa menjaga dampak api musim kemarau.

Menurut Slamet musim kemarau tahun 2016 ini kemungkinan akan dimulai pada bulan juni depan. Bahkan tanda-tanda itu bisa dilihat dengan sudah memasuki musim pancaroba yang menjadi tanda akan memasuki musim kemarau. Dia mengatakan juga akan ada perbedaan pencegahan dan penanggulangan yang dilakukan  Pulang Pisau dibanding tahun sebelumnya.

 “Salah satunya dengan membentuk Tim terpadu, yakni tim yang terdiri dari berbagai instansi  untuk menyikapi kemarau dan kebakaran lahan. Di dalam tim terpadu itu ada BLH, BPBD, Dinas kehutanan dan Perkebunan, Damkar, pekerja media serta beberapa tokoh masyarakat. Nantinya di tim inilah yang menjadi cikal bakal dalam upaya menyikapi kebakaran yang ada, kalau tahun sebelumnya kan semua seperti jalan sendiri-sendiri sehingga tidak padu,” terang.  (DY/*)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top