Wonderful Indonesia
 
Senin, 05 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Garuda Buka Rute Medan Kuala Namu-Singapore

 
 
Garuda Indonesia. ISTIMEWA

Garuda Indonesia. ISTIMEWA

BorneoNews

BORNEONEWS, Medan - Mimpi besar Kemenpar menjadikan Danau Toba sebagai satu dari 10 top destinasi utama di Indonesia betul-betul di-support maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Setelah sukses menghidupkan rute domestik Soekarno Hatta - Bandara Silangit, akhir Maret silam, national flag carrier itu berencana mengembangkan rute penerbangan internasional Medan Singapura. Rute ini, akan mulai dijajaki 14 Juni 2016.

“Kami mendukung penuh program pemerintah yang ingin menjadikan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi utama di Indonesia. Jadi, setelah sempat dihentikan pada 2002, rute Medan-Singapura kembali kami buka mulai 14 Juni 2016. Ini sekaligus mendukung penerbangan Garuda rute Jakarta-Amsterdam dan Jakarta-London yang melalui Singapura,” papar Vice President Region I, Sumatera Garuda Indonesia, Syamsuddin J.S, Kamis (26/5).

Untuk tahap awal, penerbangan Medan ke Singapura akan dilakukan satu kali sehari dengan jadwal keberangkatan dari Medan sekitar pukul 13.30 WIB. Untuk rute ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan pesawat

Boeing 737-800.  Jika nantinya tingkat okupansi bisa di atas target, Garuda akan menambah jadwal penerbangan. Selain itu, Garuda akan menambah kapasitas angkut dengan mengganti pesawat berkapasitas lebih besar.

“Kami sudah kalkulasi semua. Untuk awal, Garuda akan memberlakukan tarif promosi sebesar Rp 1,5 juta untuk tiket pergi dan pulang. Harga promosi diberlakukan dalam masa satu bulan terhitung 14 Juni 2016,” tambahnya.

Dari data BPS, jumlah wisatawan Singapura yang mengunjungi Sumut terbilang masih cukup bagus. Itu ditandai dengan masuknya wisman asal Singapura sebagai penyumbang terbesar wisatawan mancanegara ke Sumut.

“Persaingan pasti ketat dengan adanya perusahaan penerbangan lain yang melayani rute itu juga. Tapi Garuda tetap optimistis bisa eksis di rute itu,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asnawi Bahar merespon positif pembukan rute penerbangan Medan-Singapura. Menurutnya, akses penerbangan internasional itu akan semakin menghidupkan kepariwisataan di Sumut.  Bisnis biro perjalanan, hotel dan restoran, diyakini Asnawi, akan semakin membaik.

“Semakin banyak akses kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Sumut akan semakin bagus. Sektor pariwisata pasti akan makin hidup, perekonomian juga makin tumbuh. Apalagi, pemerintah sudah mencanangkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai satu dari 10 destinasi utama di Indonesia. Karenanya itu harus didukung penuh,” ujar Asnawi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi langkah Garuda Indonesia yang semakin agresif menjemput pasar pariwisata di Singapore itu. Negara tetangga terdekat dengan Kepri (Batam-Bintan) itu ibarat kolam yang banyak ikannya. "Sekali jaring bisa dapat lebih banyak ikannya!" kata Arief Yahya. 

Penduduk Singapore sendiri ada 3,5 juta jiwa, lalu ditambah ekspatriat 1,5 juta, total 5 juta orang. Setahun ada 15 juta wisman yang masuk ke Negeri Singa Putih itu. Jadi setiap hari lebih dari 6.25 juta orang di pulau yang kecil itu.

"Lagi pula Toba adalah alam, geopark, dengan nuansa budaya Tapanuli yang kental dan dan kuat. Dua-duanya adalah kekuatan Toba, punya alam yang indah? Punya budaya yang hebat," kata Arief Yahya.  (m)


 

BERITA POPULER

Pencurian

Kecelakaan Lalu Lintas

Penganiayaan

Kecelakaan Maut

Pencurian

Pencurian Kendaraan Bermotor

Pasangan Nurani

Prostitusi

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top