Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mentan Janjikan Harga Rp80 Ribu Sesuai Perintah Presiden

  • Oleh Budi Baskoro
  • 28 Mei 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Padang - Perintah Presiden Joko Widodo untuk menurunkan harga daging sapi jadi Rp80 ribu per kilogram menjelang Ramadan 2016, ditempuh dengan impor. Di pasaran, termasuk di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, dan daerah-daerah di Kalimantan Tengah, harga daging rata-rata Rp120 ribu per kg.

'Kami sudah rekomendasikan untuk impor daging sapi sebanyak 10.000 ton. Akan datang ke Jakarta dalam waktu satu atau dua minggu lagi,' ujar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, di Padang, Sumatera Barat, Jumat (27/5/2016).

Sumber daging, ujar Wahyu, Bulog sedang bernegosiasi dengan pihak Australia. Yang jelas, dengan kebijakan impor itu, Amran berharap, bisa menurunkan kembali harga daging sapi hingga kisaran Rp80 ribu per kilogram. Sesuai perintah Presiden Jokowi, ia akan berusaha maksimal mencapai harga Rp80 ribu.

Seperti diketahui, pemerintah telah menunjuk Perum Bulog sebagai pihak pengimpor daging sapi jenis CL95 atau daging potongan. Direktur Pengadaan Perum Bulog, Wahyu, mengatakan, impor daging sebanyak 10.000 ton akan dilakukan bertahap sebelum Ramadan, yang diperkirakan mulai 6 Juni mendatang.

Wahyu menyebutkan, sumber dana impor, dari internal Bulog. Ia memastikan, pihaknya menggunakan anggaran komersial, yang besarannya tidak terbatas sesuai kebutuhan. (*/N).

Berita Terbaru