Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 03 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Pemenang Lelang Pembangunan Jembatan Telok Ditetapkan

 
 
Bupati Ahmad Yantenglie didampingi Camat Katingan Tengah Hariawan saat meninjau lokasi rencana pembangunan Jembatan Telok, Sabtu (28/5). BORNEONEWS/ABDUL GOFUR

Bupati Ahmad Yantenglie didampingi Camat Katingan Tengah Hariawan saat meninjau lokasi rencana pembangunan Jembatan Telok, Sabtu (28/5). BORNEONEWS/ABDUL GOFUR

BorneoNews

BORNEONEWS, Kasongan - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Katingan terutama warga bagian Utara/hulu. Pasalnya rencana pembangunan Jembatan Telok menghubungkan Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah itu sudah disetujui pusat.

Bahkan, menurut Bupati Ahmad Yantenglie, kalau pemerintah pusat sejauh ini telah menetapkan pemenang lelang terkait pembangungan jembatan yang nantinya bakal melintang di atas Sungai Katingan itu.

Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei itu mengatakan hal tersebut saat meninjau sejumlah titik yang akan dilintasi jalur jalan dan jembatan tersebut, Sabtu (28/5/2016).


Dengan demikian maka Kabupaten Katingan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi bakal memilik satu lagi jembatan penghubung yang melintang di atas Sungai Katingan itu setelah sebelumnya ada Jembatan Kasongan yang ada di Kota Kasongan.


"Sehubungan dengan perencanaan pembuatan jembatan dan jalan di Desa Telok ini pemerintah pusat sudah menetapkan pemenang lelangnya, dan siap untuk memulai pekerjaan," ujar Bupati Tenglie.

Dengan demikian, katanya tugas pemerintah daerah adalah melakukan clean and clean jalur yang bakal dilalui oleh jalan dan jembatan yang akan dibangun itu. 


"Itu yang menjadi tugas kami. Dan hari ini kita melihat salah satu titik jalur jembatan itu, ternyata ada dua buah rumah warga," katanya.


Terkait masih adanya rumah penduduk pada jalur jalan dan jembatan ini, Bupati Tenglie mengaku pihaknya akan membicarakan masalah ini dengan Asisten I bersama bagian Pemerintahan (Pem), camat dan kepala desa yang bersangkutan untuk memikirkan tali asih atau ganti rugi.


"Pada dasarnya kita berterima kasih banyak kepada bapak dan ibu yang sudah merelakan rumahnya untuk pembangunan itu, sehingga kita bisa lebih maju ke depannya," katanya.


Jembatan Telok ini nantinya adalah jalur poros Nasional yang menuju wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).


Bupati Tenglie mengatakan jika jalur Nasional itu mulai dari Desa Rabambang Kabupaten Gunung Mas, kemudian masuk ke Desa Telok menuju alur Samba lalu ke wilayah Utara/hulu.


"Yaitu dilanjutkan dari jalur Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah menuju Tumbang Hiran Kecamatan Marikit," sebutnya.


Dari Tumbang Hiran ini kemudian ke Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu menuju Desa Tumbang Kaburai. Dari Desa Tumbang Kaburai ini kemudian menuju ke Nanga Nua wilayah Provinsi Kalbar.


"Pemerintah daerah sejauh ini sudah membuat poros jalan yang ada, harapan kita masyarakat bisa merelakan atau menghibahkan tanah untuk kepentingan pembangunan jalan, sebab ini juga merupakan kepentingan masyarakat," imbuhnya.


Camat Katingan Tengah, Hariawan mengaku gembira dengan akan dibangunnya jembatan tersebut. "Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat, bukan hanya warga Tumbang Samba dan sekitarnya saja, tapi juga warga di kecamatan lain di wilayah hulu, apalagi ini nanti jalur Jalan Nasional," katanya. (ABDUL GOFUR/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top