Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Serentak di 21 Desa pada 13 Agustus

  • Oleh Hairul Saleh
  • 30 Mei 2016 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Katingan, 13 Agustus 2016. Sebanyak 21desa dari delapan kecamatan, akan mengikuti Pilkades 2016.  Pada 2017, Katingan kembali menggelar Pilkades serentak di 14 desa.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM Pemdes) Katingan, Kabul Mustiman, saat ini baru memasuki tahapan pendataan pemilih. Petugasnya merupakan panitia pelaksana Pilkades yang sudah dibentuk. Secara umum, tahapan dan pelaksanaan Pilkades menyerupai layaknya Pilkada. Bakal calon kepala desa juga akan diberikan ruang berkampanye maupun debat kandidat.

"Kalau kandidatnya cuma satu orang, yang bersangkutan akan ditandingkan dengan gambar kosong pada hari pencoblosan. Apabila gambar kosong yang menang, Pilkades harus diulang dengan konsekuensi dana pelaksanaan ditanggung secara swadaya oleh desa," ujar Kabul, di Kasongan, Senin (30/5/2016).

Anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak di 21 desa tahun  2016 hanya sebesar Rp400 juta, dari APBD Kabupaten Katingan. Dana itu kebanyakan anggarannya untuk honor panitia Pilkades mulai tahapan awal hingga selesainya Pilkades.

"Pemerintah hanya menanggung logistik berupa surat suara dan pembuatan satu TPS di tiap desa, kalaupun masih kurang maka pembuatan TPS diserahkan seluruhnya kepada desa," ujarnya.

Guna mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di 21 desa nanti, Kabul Mustamin mengimbau seluruh panitia agar mampu bekerja secara profesional serta tidak memihak kepada salah satu calon. "Saya minta masyarakat juga mendukung Pilkades ini dengan tetap menjaga kondusivitas. Harapannya Pilkades serentak ini dapat berjalan sedemokrastis dan seaman mungkin," imbaunya. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru