Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Penddikan Kotawaringin Timur Tetapkan Libur Ramadan

  • Oleh M. Rifqi
  • 30 Mei 2016 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadan tahun ini juga akan menjadi bulan puasa menggembirakan bagi sebagian siswa-siswi. Pemkab Kotawaringin Timur melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat mengeluarkan kebijakan libur panjang Ramadan.

Namun tidak selama Ramadan para siswa dan guru libur dari aktivitas ke sekolah. Ada agenda untuk guru dan para siswa selama bulan puasa. Agenda ini telah disusun Disdik jauh-jauh hari sebelum masuknya puasa Ramadan yang bakal datang sekitar sepekan lagi.

Kepala Disdik Kotim Suparmadi, mengatakan agenda puasa Ramadan untuk pelajar dan guru telah siap dan tinggal dilaksanakan. Adapun jadwalnya yakni tiga hari pertama puasa, yakni tanggal 6-8 Juni ditetapkan libur.   Dilanjutkan masuk ke sekolah untuk agenda pesantren Ramadan, sambil menunggu pembagian rapor kenaikan kelas atau berakhirnya tahun ajaran.

Setelah pembagian rapor di sekolah yang diperkirakan pada 11 Juni, para siswa akan kembali diliburkan secara resmi pada 18 Juni hingga 17 Juli. Kemudian pada 18 Juli merupakan hari pertama masuk kembali ke sekolah.

'Kami sengaja mengatur jadwal libur sekolah selama Ramadan seperti itu. Sehingga, selama Ramadan akan tetap diisi hal-hal positif seperti pesantren Ramadan,' ucap Suparmadi.

Sebab, pihaknya menilai pesantren Ramadan merupakan inti dari kegiatan Ramadan siswa tentang budi pekerti. Agenda ini wajib dilaksanakan oleh sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat.

'Para siswa nantinya akan diberikan pemahaan nilai-nilai keagamaan, budi pekerti dan akhlak,' ucap Suparmadi. (RIFQI/m)

Berita Terbaru