Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalsel Sahkan Tiga Perda Inisiatif

  • Oleh ANTARA
  • 30 Mei 2016 - 14:11 WIB

BORNEONEWS-Banjarmasin:   Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan mensahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah Raperda (Raperda) inisiatif lembaga legislatif tersebut menjadi Perda tingkat provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/Kota itu, Senin. (30/5/2016)

Tiga Peraturan Daerah (Perda) inisiatif yang pengesahannya dalam rapat paripurna DPRD itu, Perda tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Kalsel atas usul Komisi I bidang hukum dan pemerintahan lembaga legislatif provinsi tersebut.

Kemudian Perda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Kalsel atas usul Komisi IV bidang kesra DPRD provinsi itu.

Selain itu, Perda tentang Pedoman Pembentukan Peraturan Daerah di Kalsel atas usul Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD provinsi setempat.

Panitia Khusus (Pansus) Raperda pemberdayaan masyarakat dan desa di Kalsel berharap, dengan keberadaan Perda pemberdayaan masyarakat dan desa tersebut, masyarakat dan desa di provinsinya semakin maju.

"Lebih dari itu, Perda pemberdayaan masyarakat dan desa tersebut bisa menjadi payung hukum agar tidak kesejangan atau perbedaan yang mencolok antara masyarakat desa dan perkotaan," lanjut juru bicara/Wakil Ketua Pansus H Suripno Sumas.

"Perda pemberdayaan masyarakat dan desa itu juga salah satu upaya antisipasi agar tidak terjadi urbanisasi atau setidaknya mengurangi perpindahan masyarakat desa ke kota dengan alasan mata pencaharian," ujar wakil rakyat tersebut.

Bersamaan pengesahan tiga Perda inisiatif tersebut DPRD Kalsel juga mensahkan dua Perda yang berasal dari eksekutif/pemerintah provinsi (Pemprov) setempat, yaitu Perda tentang Irigasi, serta perubahan Perda No 6 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Pengesahan Perda itu semua dalam rapat paripurna DPRD Kalsel yang dipimpin Wakil Ketuanya Asbullah SH didampingi wakil ketua dewan lainnya H Hamsyuri SH.

Rapat paripurna DPRD Kalsel yang juga hadir Wakil Gubernur setempat, H Rudy Resnawan itu, usai rapat paripurna istimewa dengan agenda penyampaian hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap pelaksanaan APBD provinsi tersebut tahun 2015. (ANT/*)

Berita Terbaru