Wonderful Indonesia
 
Jumat, 09 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Relawan CTP Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran Hutan

 
 
Petugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Komunitas relawan Care for Tanjung Puting (CTP) menggelar pelatihan dasar pengelolaan karhutla berbasis masyarakat, Minggu (29/5/2016). BORNEONEWS/DOK

Petugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Komunitas relawan Care for Tanjung Puting (CTP) menggelar pelatihan dasar pengelolaan karhutla berbasis masyarakat, Minggu (29/5/2016). BORNEONEWS/DOK

BorneoNews

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), komunitas relawan Care for Tanjung Puting (CTP) menggelar pelatihan dasar pengelolaan karhutla berbasis masyarakat, Minggu (29/5/2016). Kegiatan di kawasan Beguruh, Resort Pesalat TNTP ini diisi materi pengetahuan teknik dasar dan standard operating procedure (SOP) pemadaman karhutla.

Berbekal pengalaman dan hasil evaluasi penanganan karhutla secara swadaya oleh relawan dari balai TNTP, Manggala Agni, masyarakat Kotawaringin Barat (Kobar), pelaku wisata serta aktivis lingkungan, diperoleh tips dan trik tertentu  yang bisa digunakan sebagai pengetahuan penanganan karhutla.

"Bertindak sebagai pemateri dalam pelatihan ini, Basuki Budi Santoso dari NGO Fiends of National Parks Foundation (FNPF) dan Sudayanto dari Balai TNTP. kegiatan ini diikuti 20 orang dari Pramuka Kwartir Ranting Kumai, Desa siaga Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai dan tim CTP," kata Ketua CTP Aidi Syarifudin, Senin (30/5/2016).

Dengan kondisi di lapangan yang sulit mencari sumber air, diharapkan para peserta mengetahui tips dan strategi apa yang bisa digunakan untuk mendapatkan dan menggunakan air secara efisien dalam memadamkan karhutla. Sulitnya sumber air di kawasan konservasi Beguruh yang terletak di  pinggiran Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), menyebabkan lokasi tersebut sempat terkena bencana kebakaran lahan dan hutan tahun 2015.

"Selain itu peserta pelatihan juga diajak menanam sekitar 500 batang bibit tumbuhan endemik TNTP di lahan bekas kebakaran, bantuan  dari Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 3 TNTP," katanya. (WAHYU KRIDA/N).



 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top