Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mayjen TNI Andika Perkasa Resmi Jabat Pangdam Tanjungpura

  • Oleh Budi Baskoro
  • 30 Mei 2016 - 20:43 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjadi Panglim Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura. Upacara serah terima jabatan (sertijab) dari pangdam sebelumnya, Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono di Aula AH Nasution Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad),  Jakarta, Selasa (30/5/2016) sore.

Upacara sertijab juga ditandai penyematan tanda jabatan oleh Kasad dan serah terima tongkat komando dari Mayjen TNI Agung Risdhianto kepada Mayjen TNI Andika Perkasa. Selanjutnya, penyerahan pataka, dan penandatanganan sertijab.

Dalam amanatnya, Kasad mengatakan sertijab harus dipahami sebagai upaya mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Angkatan Darat, berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan melalui tour of duty dan tour of area, untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier personel.

Kasad mengingatkan, kebijakan Rencana Strategis (Renstra) TNI AD 2015 - 2019 mengacu pada RPJMN 2015 - 2019, yang memprioritaskan peningkatan kesejahteraan prajurit, modernisasi alutsista, kesiapan operasional, pendidikan dan latihan, dan pengamanan perbatasan serta pulau terluar/terdepan.

'TNI Angkatan Darat tetap konsisten untuk terus melanjutkan program dan kebijakan pengamanan perbatasan, serta pulau terluar/terdepan, sesuai dengan kebijakan Presiden RI. Mulai dari sektor perbatasan atau pinggiran, guna mencegah ancaman dari luar dan mencegah pelanggaran batas negara, serta dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI', bebernya.

Kasad mengingatkan, sebagai Kotama Pembinaan dan Operasional Kewilayahan Angkatan Darat, Kodam XII/Tanjungpura bertugas selain menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat, juga menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan teritorial di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

'Wilayah binaan Kodam XII/Tanjungpura 5 kabupaten di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yang selama ini sangat rentan terhadap gangguan keamanan, imigran gelap, pelanggaran pergeseran patok batas negara, pelintas batas, illegal logging, penyelundupan bahan pokok dan pencurian Sumber Daya Alam serta kegiatan illegal lainnya,' tandasnya.

Mayjen TNI Agung Risdhianto, menjabat sebagai Pangdam Tanjungpura cukup singkat, hanya empat bulan, sejak 31 Januari 2016. Agung selanjutnya akan menjadi Asisten Operasi Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap Jakarta. Sedangkan Andika sebelumnya merupakan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). (B-10)

Berita Terbaru