Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kursi Sofa Hangus Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Powerbank Saat Dicarger

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Mei 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kursi sofa hangus terbakar di kamar kos, Jalan Maid Badir, Kelurahan Madurejo, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diduga akibat powerbank yang dicas pemiliknya mengalami korsleting, Minggu, 12 Mei 2024 malam.

Beruntung, sebelum api membesar, ada tetangga kamar kos yang mencium bau asap dan langsung melaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Barat.

Plt Kadis Damkar dan Penyelamatan Kobar melalui Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sarana Prasarana Dwi Agus Suhartono menyampaikan, bahwa pada Minggu malam sekitar pukul 21.20 WIB, mako Damkar menerima laporan dari warga ada keciuman bau asap dari barakan (kamar kos) sebelahnya dan langsung menerjunkan anggota ke lokasi.

"Saat itu, penghuni kamar sedang tidak ada di kamar kos dan posisi powerbank dicas di atas sofa. Setelah anggota sampai lokasi dan dicek yang terbakar adalah kursi sofa," ujarnya, kepada awak media pada Senin, 13 Mei 2024.

"Jika tidak ada yang lapor, pasti merembet ke barang lainnya dan tidak menutup kemungkinan kamar kos terbakar," ungkapnya.

Lanjutnya, butuh waktu 15 menit untuk memadamkan api yang membakar kursi sofa. Saat dikeluarkan dari kamar, kursi dalam hangus terbakar hanya tersisa kerangkanya.

Agus mengimbau warga untuk berhari hati saat meninggalkan rumah atau kos. Pastikan kabel listrik tercabut jika sudah tidak digunakan.

"Seperti kabel kipas angin, kabel TV, ngecas hape maupun powerbank lebih baik kita cabut dulu kabelnya yang masih menancap dilistrik. Lebih baik kita meningkatkan kehati - hatian dan kewaspadaan," pungkasnya.

Bagi warga Kobar yang ingin melapor ke Damkar Kobar bisa menghubungi ke nomor Telepon 0532-22008 atau Whatsapp 0812 9046 1661. (DANANG/Y)
-

Berita Terbaru