Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barut Anggarkan Normalisasi Sungai Bengaris dan Beberapa Saluran Pembuangan

  • Oleh Ramadani
  • 13 Mei 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak Sabtu malam 11 Mei 2024 pukul 22.30 WIB hingga Minggu pagi pukul 06.00 WIB, mengakibatkan banjir di beberapa tempat di kota Muara Teweh.

Banjir menggenangi wilayah aliran Sungai Bengaris yang berupa dataran rendah atau lembah.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik mengatakan, Sungai Bengaris meluap hingga jalan dan pemukiman warga yang berada di dataran rendah.

“Banjir juga menggenangi beberapa ruas jalan dan permukiman warga sepanjang aliran sungai bengaris dan anak sungai bengaris. Genangan air di perumahan warga mulai terjadi sejak pukul 03.00 WIB,” kata M Iman Topik, Senin 13 Mei 2024.

Topik menjelaskan, bahwa pada tahun 2022 dan 2023 telah melakukan normalisasi sungai Bengaris dengan cara pengerukan, pembersihan dan penahanan tebing Bengaris (di Jalan Nenas) serta pembukaan daerah-daerah sempit yang rentan terjadi pendangkalan maupun tumpukan sampah.

“Dan pada tahun 2024 ini Pemkab Barito Utara telah menganggarkan kembali program penanganan normalisasi Bengaris dan beberapa saluran pembuang guna mengoptimalkan saluran air agar tidak terjadi banjir yang diakibatkan oleh hujan,” kata M Iman Topik.

Akibat banjir tersebut, beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan seperti ambruk/longsor jembatan jalan Keladan, Kelurahan Lanjas RT 5, longsor/amblas Jalan Nasional Muara Teweh– Puruk Cahu KM 10 Desa IPU.(RAMADHANI/H)

Berita Terbaru