Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Jelaskan Kondisi Banjir Terkini di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 15 Mei 2024 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjelaskan kondisi terkini banjir di daerah ini pasca ditetapkan status tanggap darurat.

"Posisi sekarang masih tanggap darurat sampai 17 Mei 2024 nanti akan kita evaluasi. Memang kondisi terakhir cuacanya sudah mulai panas walaupun masih ada variasi hujan intensitas rendah," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam, Rabu, 15 Mei 2024.

Lanjutnya, banjir masih berada di lokasi terakhir berdasarkan kajian risiko bencana di desa Hanjalipan. Namun aktivitas masyarakat di desa tersebut berjalan normal.

"Apabila debit air di wilayah hulu Telaga Antang besar maka Hanjalipan menjadi Desa terakhir yang akan terkena banjir," ujarnya. 

Desa Hanjalipan berada di dekat sungai Mentaya. Masyarakat sudah berhamonisasi dengan bencana banjir tersebut. Aktivitas keseharian mereka didukung dengan transportasi perahu.

Sementara fasilitas publik seperti sekolah hanya terdampak banjir pada halamannya. Meski demikian, sekolah tetap diliburkan karena faktor keamanan.

"Kalau pustu tetap aman karena lokasi yang tinggi. Teman-teman di pustu tetap memantau kesehatan masyarakat setempat," imbuhnya. 

Banjir di Desa Hanjalipan dengan kedalaman bervariasi hingga 1 meter tersebut diperkirakan akan surut 3 hari ke depan.

"Desa Bajarau juga masih banjir tetapi tipis airnya tidak begitu dalam ketika dia tergenang karena ada air pasang saja," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru