Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspadai Penularan Rabies, Bulan Mei Periode Musim Kawin

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Mei 2024 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penularan rabies pada bulan Mei ini yang merupakan periode musim kawin.

"Kami meminta masyarakat untuk waspada terhadap gigitan hewan penular rabies atau HPR, terutama di musim kawin yang biasanya terjadi bulan Mei," kata drh Eko pada Rabu, 15 Mei 2024.

Menurut Eko, kewaspadaan terhadap gigitan anjing rabies harus lebih ditingkatkan pasalnya pada musim kawan seperti bulan Mei ini anjing dan kucing biasanya akan lebih sering berkelahi lantaran perebutan pasangan.

Terlebih lagi, lanjut drh Eko, pada anjing atau kucing baru melahirkan yang lebih sensitif dan kerap menyerang.

"Untuk Itu masyarakat diminta terus mewaspadai kasus rabies pada anjing saat musim kawin yakni pada bulan April, Mei, Juni maupun Oktober," ucapnya.

Selain itu, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Kalimantan Tengah init meminta juga agar secara rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya.

"Baik dengan membawa hewan peliharaan ke kantor dinas ataupun klinik hewan. Atau dapat pula menghubungi vaksinator Kota untuk datang memberikan vaksin rabies kepada anjing-anjing milik masyarakat," pesannya. (TESTI PRISCILLA/j)


TAGS:

Berita Terbaru