Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Jemput Bola Dinas Dukcapil Langkah Maksimalkan Pelayanan Pendaftaran Penduduk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Mei 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Program jemput bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas merupakan salah salah satu langkah untuk memaksimalkan pelayanan pendaftaran penduduk.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kapuas, Jaya saat menerima kunjungan kerja (kunker) dari Komisi I DPRD Tanah Bumbu, Kalsel pada Kamis, 16 Mei 2024.

"Hari ini Komisi 1 DPRD Tanah Bumbu berkunjung ke Disdukcapil Kapuas dalam rangka mereka untuk sharing pendapat terkait pelayanan pendaftaran penduduk dan pelayanan informasi kependudukan," kata Jaya.

Dari hasil sharing tadi bahwa pihaknya memang punya beberapa persoalan terkait pendaftaran penduduk mungkin objeknya sama tapi masalahnya bisa saja berbeda.

"Kalau kita lihat tadi apa yang ditanyakan oleh mereka terkait pendaftaran penduduk, untuk kita di sini melaksanakan pendaftaran penduduk bisa lewat jemput bola ke kecamatan/desa," ujarnya.

Walaupun Kabupaten Kapuas luas ditambah kendala memang ada beberapa yang blankspot atau tidak ada jaringan telekomunikasi tetapi pihaknya akan tetap berupaya untuk mendata penduduk di wilayah terpencil.

Kemudian terkait dengan pemanfaatan informasi kependudukan disampaikan tadi bahwa kegiatan seperti terkait data BPJS, bantuan sosial memang akan selalu lakukan verifikasi dengan beberapa OPD yang bekerjasama.

"Agar hal-hal terkait data kependudukan bisa sama dan tidak ada permasalahan. Terkait bantuan sosial juga diverifikasi agar tepat sasaran," ujarnya. (DODI/y)

Berita Terbaru