Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Katingan Sebut Daerahnya Mulai Laksanakan Program PPSP

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Mei 2024 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan mulai melaksanakan program percepatan pembangunan sanitasi permukiman atau PPSP.

Adapun kick off meeting pelaksanaan program PPSP tersebut dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2024 di aula Bappelitbang setempat.

Sekda Katingan, Pransang membuka acara tersebut.

Acara itu juga dihadiri pihak pewakilan Balai Prasaranan Pemukiman Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kepala Bapedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah.

Sekda Kabupaten Katingan, Pransang mengatakan kick off meeting adalah kegiatan untuk memulai pelaksanaan program dan kegiatan bidang sanitasi, yaitu air limbah domestik, persampahan dan drainase di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan tahun 2024. 

Sekda Pransang mengatakan program ini dilakukan untuk mempercepat proses pembangunan sanitasi permukiman bagi masyarakat dengan peningkatan kualitas dan perluasan pelayanan sanitasi. 

Yaitu melalui kebijakan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi pembangunan sanitasi di daerah dengan menitikberatkan pada upaya peningkatan kualitas dan perluasan pelayanan persampahan rumah tangga dan sampah sejenis, sampah rumah tangga serta pengelolaan air limbah domestik secara terpadu dan berkelanjutan.

"Pembangunan sanitasi difokuskan pada pemenuhan pelayanan dasar serta mengatasi dan mencegah stunting," ujarnya.

Selain itu merupakan indikator pencapaian standar pelayanan minimum (SPM) yang wajib dipenuhi oleh daerah. dengan target, akses sanitasi layak 73 persen;, target sanitasi aman 7 persen,  target buang air besar sembarangan (BABS) di tempat terbuka 0 persen; dan target penanganan sampah perkotaan 71 persen.

"Selanjutnya dirumuskan dalam program kegiatan yang tepat, guna akselerasi pencapaian target pembangunan sanitasi, para ASN jangan membuang sampah secara sembarangan dan mencontoh anak kecil yang membuang sampah pada tempatnya," imbuh Sekda Pransang. (ABDUL GOFUR/j)

Berita Terbaru