Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Barito Timur Ikut Karnaval Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Mei 2024 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kontingen asal Kabupaten Barito Timur mengikuti Karnaval Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diadakan di Kota Palangka Raya, Minggu, 19 Mei 2024. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Barito Timur Panahan Moetar bersama istri yang juga menjabat sebagai Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani.

Karnaval yang diikuti oleh seluruh kontingen kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah itu dilepas oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dengan didampingi unsur Porkopimda provinsi, kepala daerah se-Kalteng serta perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Acara pelepasan peserta karnaval budaya diawali dengan tarian topeng kreatif yang diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA se-Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya sebelum melepas karnaval budaya Gubernur Kalteng mengatakan, Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng sekaligus sebagai salah satu bentuk promosi seni budaya dan penunjang kepariwisataan nasional dalam mendukung Program “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan telah dimasukan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Penyelenggaraan Karnaval Budaya ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam menunjang pengembangan pariwisata dan seni budaya Kalimantan Tengah,” ujarnya. 

Gubernur berharap event tahunan FBIM ini bisa terus ditingkatkan dan diperbaiki ke depannya, sehingga kebudayaan Kalteng akan menjadi kekuatan industri kreatif untuk menunjang perekonomian.

“Untuk itu saya mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, bupati, pejabat bupati, walikota beserta jajaran, agar mulai budayakan hidup bersih. Percuma kita membangun segala sesuatu dengan kualitas baik tetapi masyarakatnya tidak berbudaya hidup bersih,” pesannya.

Sugianto juga mengungkapkan bahwa pemerintah sedang berusaha membangun titik-titik jantung kota Kalteng agar menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kalteng.

“Mari kita bersama-sama menjaga budaya dan juga budayakan kebersihan, sehingga kota di Kalimantan Tengah bukan hanya dikenal sebagai kota pegawai negeri, tetapi ke depan akan menjadi kota kuliner, kota pelajar dan kota pariwisata,” ajaknya. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru