Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Muara Teweh Peringati Hari Kebangkitan Nasional

  • Oleh Ramadani
  • 20 Mei 2024 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kodim 1013/Muara Teweh melaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ( HARKITNAS) Ke 116 Tahun 2024 di lapangan upacara Makodim 1013/Muara Teweh, Senin 20 Mei 2024.

Dalam upacara tersebut diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1013/Muara Teweh, bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo dan komandan upacara yakni Letda Inf Apri Wijananto.

Pada upacara tersebut, Dandim 1013 Muara Teweh membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada Peringatan Ke-116 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023.

Dikatakan Dandim, hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan "berkunjung kembali" kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya.

Bukan hanya sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Budi Utomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Budi Utomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia. Apa yang digagas Budi Utomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai "jembatan emas".

Letkol Inf Agussalim Tuo menambahkan, bahwa kegiatan upacara peringatan Harkitnas bertujuan untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan serta mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan.(RAMADHANI/R) 


TAGS:

Berita Terbaru