Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Pemberdayaan Perempuan Batik Kalteng Diresmikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Juni 2016 - 13:00 WIB

BORNEONEWS,Palangka Raya-Pada umumnya, batik Kalteng yang dijual saat ini masih diproduksi di luar daerah Kalimantan Tengah. Hal ini menggugah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng untuk memulai sebuah karya melalui penciptaan dan produksi batik Kalteng di wilayahnya sendiri dengan bekerjasama dengan Kelompok Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Batik Kalteng "Kameluh Mandiri".

"Melalui program sosial Bank Indonesia, BI memberikan bantuan senilai Rp100 juta yang digunakan untuk membeli alat-alat dan bahan-bahan produksi Batik Kalteng, serta kegiatan pelatihan," ungkap Muhamad Nur, Kepala Perwakilan Kalteng dalam Peresmian Kelompok Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Batik Kalteng "Kameluh Mandiri", di Jalan Putri Junjung Buih Nomor 10C, Palangka Raya, Rabu (1/6/2016).

Bantuan yang diberikan berupa bahan-bahan membatik seperti lilin, kain katun, ATK, pewarna dan zat adiktif. Apa pula peralatan membatik berupa canting, kuas, sarung tangan, kompor, baskom dan ember. Kegiatan pelatihan teknis membatik, sarana dan fasilitas seperti etalase, papan nama, pintu gerbang dan boneka pajangan.

Pihaknya berharap dalam pengembangannya, terjadi replikasi kelompok membatik sehingga produksi batik dapat dilaksanakan di Kalteng.

"Hal ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kalteng sekaligus memperkecil biaya produksi, sehingga harga batik Kalteng dapat bersaing dengan yang lain. Selain itu diperlukan kreatifitas dalam mendesain motif batik tanpa menghilangkan motif asli batik Kalteng," tutupnya. (TP/B-7)

Berita Terbaru