Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akademisi Universitas Sumatera Utara Usahakan Lestarikan Kembali Hutan Bambu

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Mei 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akademisi Universitas Sumatera Utara yakni Prof Rahmawaty sebagai Ketua, dan Prof R Hamdani Harajap, serta Dr Alief Aththorick sebagai anggota mengusahakan untuk melestarikan kembali hutan bambu.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam pengabdian kemitraan internasional yang mengusung tema "Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Komunitas Bambu Lestari Mendukung Pengelolaan Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dalam Mitigasi Perubahan Iklim".

"Lokasi yang menjadi penyangga kawasan hutan banyak didapati tumbuhan bambu yang dahulunya banyak dijumpai di daerah tersebut," kata Prof Rahmawaty dalam rilisnya kepada Borneonews pada Senin, 20 Mei 2024.

Namun, lanjutnya, semakin lama semakin berkurang akibat perubahan fungsi lahan dan kebutuhan lainnya.

"Sehingga perlu dilestarikan kembali hutan bambu yang semakin menipis, agar dapat membantu dalam menjaga perubahan iklim secara global dan membantu perekonomian masyarakat secara lokal," tuturnya lagi.

Kegiatan pada Minggu, 19 Mei 2024 ini juga menurut Prof Rahmawaty dibarengi dengan penanaman berbagai jenis pohon, dari pohon hutan hingga pohon buah yg dapat bermanfaat bagi vegetasi lahan maupun masyarakat sekitar.

"Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya dan dapat berdampak baik secara ekologi, sosial, dan ekonomi. Dan kedepannya diharapkan komunitas ini mampu menjaga kelestarian alam dalam mitigasi perubahan iklim," katanya.

Dalam kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa MBKM S1 Kehutanan sebanyak 6 orang, S1 Biologi 1 orang, S2 dan S3 Pengelolaan Sumberdaya Alam Lingkungan sebanyak 5 orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Forum DAS Wampu yaitu Prof Abdul Rauf selaku mitra kegiatan. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru