Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TWG Pengelolaan Perairan Darat Digelar di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Mei 2024 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Technical Working Group (TWG) pengelolaan perairan darat di Kabupaten Kapuas telah digelar, bertempat di Aula Hotel Fovere pada Selasa, 21 Mei 2024. 

Kegiatan ini dibuka Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili Staf Ahli Bupati, Raison didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kapuas, Kusmiatie.

Dihadiri dan diikuti sejumlah Kepala OPD, Kecamatan Timpah, Pemdes Aruk, tokoh adat, tim dari sucofindo, Tim IFish, KPHL, koordinator penyuluh perikanan dan undangan lainnya.

Raison dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dapat terselenggara atas kerjasama FAO Indonesia dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui proyek ifish atau pengarusutamaan konservasi keanekaaragaman hayati dan pemanfaatan berkelanjutan dalam praktik perikanan darat pada area bernilai konservasi tinggi pada ekosistem perairan darat.

"Kerjasama ini dilaksanakan di lima lokasi di wilayah Indonesia termasuk di kapuas sejak 2018. pertemuan ini bertujuan mensosialisasikan pengelolaan perairan darat Kabupaten Kapuas kepada para stakeholder terkait," kata Raison.

Sekaligus menyampaikan kegiatan yang menyangkut pengelolaan perikanan darat Kabupaten Kapuas. 

"Perairan darat berperan penting sebagai sumber protein dan ketahanan pangan, sumber ekonomi masyarakat, sumber lapangan kerja, sumber devisa dan pendapatan asli daerah, serta obyek wisata alam (ecoturism)," ujarnya.

Perairan darat yang terabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja (peningkatan pengangguran), pendapatan asli daerah, dan fungsi estetika.

Pengelolaan perairan darat dengan benar akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi dan fungsi ekologis, sehingga perikanan darat dapat dijadikan tumpuan pembangunan perekonomian masyarakat, khususnya nelayan di Kabupaten Kapuas. 

"Untuk mencapai tujuan itu Pemerintah Kabupaten Kapuas menggandeng ifish dan Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan perairan darat secara bersama sama mewujudkan pengelolaan perikanan darat yang lebih baik," ucapnya.

Melalui diskusi pengelolaan perikanan perairan darat ini sebagai dasar dalam pengembangan rancangan kerja kabupaten kapuas tentang pengelolaan perikanan darat di Kabupaten Kapuas. (DODI/j)

Berita Terbaru