Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Batik Kameluh Mandiri Rangkul Sekolah Luar Biasa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Juni 2016 - 14:24 WIB

BORNEONEWS,Palangka Raya-PERESMIAN Kelompok Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Batik Kalteng "Kameluh Mandiri" di Palangka Raya, Rabu (1/6/2016) menyisakan kejutan. Bagaimana tidak, dari 26 peserta pelatihan, enam di antaranya adalah dari Sekolah Luar Biasa. Edrida, Ketua Kelompok Kameluh Mandiri mengatakan,  keenam orang ini memang disengaja agar para penyandang disabilitas juga bisa memiliki keterampilan.

"Seni membatik ini kan unik, makanya kita libatkan mereka yang juga punya keunikan. Dan hasilnya, malah salah satu dari merekalah yang bisa membatik dengan sangat-sangat rapi. Karena kan kita ajarkan batik tulis," ungkap Edrida kepada Borneonews.

Sementara itu Fitriatul, salah seorang peserta yang berasal dari SLB ini menyebut, bukannya mereka semua keenam orang ini merupakan penyandang disabilitas melainkan juga seorang pengajar di SLBN 1 Palangka Raya.

"Enggak semuanya penyandang disabilitas, kalau saya guru keterampilan di SLBN 1. Tapi karena dilatih di sini kemudian saya salurkan kepada anak-anak saya di sekolah, hasilnya salah satunya kemarin memperoleh Juara 1 di FLS2N dan akan mewakili Kalteng di tingkat nasional dalam keterampilan membatik," ucap Fitriatul.

Dikatakan Fitriatul, anak didiknya yang akan mewakili Kalteng ini adalah tunarungu namun memiliki kecakapan dalam seni membatik.

"Saya melatihnya hanya dalam waktu singkat, tidak sampai satu bulan tapi nyatanya bisa berhasil dengan baik. Ini karena setiap manusia punya bakatnya masing-masing dan mungkin anak kami inilah yang akan menghantarkan nama Kalteng ke tingkat nasional," tutur Fitri.

Dia sendiri mengaku baru mengikuti pelatihan batik tulis di Kelompok Kameluh Mandiri ini selama satu minggu namun karena ia juga bisa menjahit, hasil batik yang ia buat sendiri juga ia jahit sendiri menjadi aneka pakaian.

"Seperti baju yang saya pakai ini batik buatan saya sendiri dan saya jahit sendiri," pungkasnya. (TP/B-7)

Berita Terbaru