Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Katingan Studi Banding ke DPRD Banjar dan Tanah Laut

  • Oleh Hairul Saleh
  • 08 Juni 2016 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - 'Anggota DPRD Katingan studi banding, melakukan konsultasi dan koordinasi dengan wakil rakyat di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, baru-baru ini. Kegiatan tersebut dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan perusahaan daerah (Perusda) setiap tahun anggaran.

'Menurut Yanel, Sekretaris Komisi I DPRD Katin'gan, kegiatan tersebut sangat penting, mengingat Pemerintah Kabupaten katingan mulai tahun anggaran 2014 telah memberikan penyertaan modal kepada PT Katingan Mandiri Persada (PT KMP) yang sebelum diubah stastusnya, dikenal sebagai Perusda Katingan Jaya Mandiri (KJM).

"PT KMP ini merupakan sebuah badan hukum yang telah ditunjuk sebagai kepanjangan tangan pihak eksekutif membidangi perusahaan daerah," ujar Yanel, politisi Partai Gerindra, di Kasongan, Rabu (8/6/2016).

Dia menyebutkan, dengan komitmen yang telah disepakati antara pemerintah daerah dan DPRD Katingan, melalui pengesahan Perda penyertaan modal kepada PT KMP di akhir 2014, DPRD Katingan wajib melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan penyertaan modal setiap tahun anggaran.

Berkaitan erat dengan hal itu, mulai 2016, DPRD Katingan secara rutin melakukan konsultasi dengan pemerintah daerah setempat dalam rangka fungsi pelaksanaan pengawasan DPRD terhadap pelaksanaan Perda dimaksud.

"Meski melakukan pengawasan, kami juga sangat mengharapkan manajemen PT KMP dapat memberikan kontribusi signifikan yang mendongkrak pendapatn asli daerah (PAD) Kabupaten Katingan dari tahun ke tahun anggaran," tutupnya. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru