Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Informasi Gempa Sukamara Sempat Hebohkan Keluarga di Luar Kota

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Juni 2016 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Beredarnya informasi terjadi gempa di wilayah Kabupaten Sukamara dengan kekuatan getaran mencapai  5,1 skala Richter membuat heboh keluarga di luar kota. Mereka mencari tahu kebenaran informasi tersebut, sebab gempa Jumat (24/6/2016) pukul 07.41 WIB  itu, hanya dirasakan oleh sebagian warga.

'Banyak keluarga menelpon menanyakan kondisi di Sukamara, ya memang tidak terasa gempa dan tidak terjadi apa-apa, sehingga aman-aman saja,' ujar seorang warga, Muhsin, Jumat (24/6/2016).

Dari pantauan di lapangan, warga Kota Sukamara sebagian mengaku merasakan adanya gempa bumi. Namun aktivitas masyarakat berjalan normal seperti hari biasanya dan tidak terjadi kehebohan maupun kepanikan karena informasi yang beredar tersebut. Bahkan sebagian warga kaget setelah menerima pertanyaan dari sanak keluarga, maupun rekan dari luar daerah yang mempertanyakan kondisi terakhir di Sukamara.

Bahri, warga Jalan Kenanga, Kelurahan Mendawai Sukamara mengaku sempat merasakan adanya getaran pukul 07.45 WIB, namun getaran yang tidak terlalu keras tersebut tidak membuatnya berprasangka gempa. 'Saat itu sedang nonton televisi, tiba-tiba televisi seperti bergetar tetapi tidak terlalu kuat  seperti ada truk besar lewat depan rumah karena posisi rumah dekat dengan jalan tetapi saat itu tidak ada kendaraan yang lewat.'

Sementara itu, hasil penelusuran titik koordinat yang dilakukan oleh pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Sukamara menunjukan aktivitas gempa tidak membahayakan jalur pelayaran dari dan ke Sukamara. dan dari pengukuran titik gempa berada di daerah Kendawangan Kalimantan Barat dan kemungkinan terjadi di daratan pesisir pantai.

'Jika melihat titik koordinatnya masuk wilayah Kendawangan Provinsi Kalimantan Barat dan terjadi di daratan pesisir, sehingga jika memang terjadi gempa disana, maka wajar tidak terasa di Sukamara. Kondisi pelayaran dari dan ke Sukamara masih aman karena jalur dari Semarang ke Sukamara tidak melewati titik gempa yang disebutkan itu,' ujar Plh Kepala KSOP Kelas V Sukamara, Ahmad Salehan. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru