Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpar Arief Yahya: Ini Lho 10 Lokasi Favorit di Pekalongan

  • Oleh Kementerian Pariwisata
  • 25 Juni 2016 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pekalongan ' Welcome to Kota Batik Pekalongan! Kota yang telah diakui keberadaannya sebagai kota fashion dengan motif batik yang berkelas dunia. World's city of Batik pun ditetapkan sebagai branding kota yang menempel dengan Kabupaten Batang dan Pemalang ini. Wajar, jika segala hal yang terkait batik menjadi menu utama di kota ini. 

'Pekalongan ini positioning-nya sudah jelas! Kota fashion, kota kreatif, kota jasa dan dan produksi batik,' jelas Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Para pemudik ke arah Kota Semarang, Kendal, Kudus, Jepara, Demak, Rembang, Grobogan sudah pasti melewati pantura dan kota Pekalongan. Jika ingin istirahan mampir ke Kota Pekalongan, silakan saja. Atau kalau mudiknya di dekat-dekat Pekalongan, masih bisa belanja di pasar batik yang sudah go international itu.

Ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi selama berada di Pekalongan. Menpar Arief Yahya mencatat ada sedikitnya 10 destinasi yang layak Anda kunjungi selama berada di sana. Ke-10 lokasi itu betul-betul memiliki potensi #PesonaIndonesia #PesonaLebaranPekalongan #PesonaKulinerPekalongan #WonderfulIndonesia

1. Museum Batik

Namanya saja 'Kota Batik', maka akan salah fatal bila Anda tidak menyempatkan diri ke museum ini. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi sekitar 1.149 koleksi jenis batik. Tidak cuma batik saja yang dipajang di museum ini, namun berbagai hal yang berkaitan dengan batik, termasuk alat membuatnya juga bisa Anda lihat di sini.

Museum Batik Pekalongan terdiri atas tiga rungan dimana ruangan pertama digunakan untuk memamerkan batik-batik dari daerah pesisir Pulau Jawa seperti batik Cirebon, Pekalongan, Batang, dan juga Rembang. Ruangan kedua digunakan untuk memamerkan batik hasil sumbangan beberapa tokoh penting seperti batik hasil sumbangan mantan presiden SBY, Ibu Ainun Habibie,  serta sejumlah tokoh penting lain

Sedangkan di ruangan pamer ketiga kita akan melihat koleksi batik-batik yang berasal dari berbagai daerah di tanah air seperti Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, dan Papua.

Lokasi: 'Jl. Jetayu No.1, Pekalongan

 2. International Batik Center

Berbeda dari museum batik, International Batik Center (IBC) adalah kawasan terpadu yang menjual berbagai jenis kerajinan batik. Di sini Anda bisa mendapatkan segala jenis batik. Jadi jangan sampai lupa mampir ke sini selama berada di Pekalongan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.573, Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

3. Pantai Pasir Kencana

Setelah puas melihat-lihat dan belanja batik, saatnya Anda menikmati suasana pantai. Pantai Pasir Kencana adalah destinasi favorit di pekalongan. Untuk menjangkau pantai ini pun tidak begitu sulit karena letaknya tidak jauh dari pusat kota Pekalongan.

Pantai ini terkenal akan pemAndangan matahari tenggelamnya. Jadi pastinya akan menjadi tempat paling pas untuk melepas lelah setelah seharian berkeliling kota.

Lokasi: Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

4. Curug Muncar

Tempat wisata unggulan kota Pekalongan lainnya adalah Curug Muncar. Air terjun yang berada di 1.249 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu tempat selalu ramai dikunjungi para pelancong.

Udaranya yang sejuk dan suguhan pemandangan alam nan indah akan membuat Anda betah berlama-lama.

Lokasi: Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan

5. Curuk Bajing

Selain Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan masih menyimpan berbagai keelokan alam lainnya. Salah satunya adalah Curug Bajing yang terletak di Desa Tlogopakis.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan aliran airnya membentuk sejumlah tingkatan di dasarnya. Sembari menikmati keindahan curug, kamu bisa menikmati kopi hutan khas kawasan ini.

Lokasi: Desa Telogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan

6. Kawasan Wisata Linggo Asri

Linggo Asri adalah salah satu objek wisata yang pas buat dikunjungi keluarga. Letaknya yang strategis di tepi jalan lintas provinsi membuat tempat ini mudah diakses. Ada berbagai macam pilihan wisata yang ditawarkan di kawasan wisata ini seperti rafting atau arung jeram, flying fox, trekking, outbond, taman bermain, kebun binatang mini dll. 

Lokasi: Desa Linggo Asri Kecamatan kajen Kabupaten Pekalongan

7. Puncak Hanoman

Di Kabupaten Pekalongan terdapat sebuah Gunung yang bernama Gunung Kendalisodo. Gunung ini memiliki puncak bernama Puncak Hanoman dengan ketinggian 1.697 mdpl.

Setiba di Puncak Hanoman Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dilengkapi udara sejuk. Lokasi: Dusun Karangjoho Desa Samban Kecamatan Bawen

8. Desa Wisata Lolong

Bagi Anda pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Pekalongan. Karena di sini Anda bisa menikmati berbagai jenis durian.

Namun tak hanya durian yang ada di sini. Sejumlah wahana adventure seperti river tubing dan rafting pun ada di sini. 

Lokasi: Desa Lolong, kecamatan Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

9. Watu Ireng

Nah, bagi Anda yang suka dan sering penasaran dengan hal-hal mistis, mungkin salah satu wisata Pekalongan ini bisa Anda kunjungi. Jarak dari dari kota Pekalongan pun cukup dekat, hanya sekitar 17 kilometer dari pusat kota.

Watu Ireng dalam bahasa Indonesia berarti 'batu hitam'. Batu hitam yang berada di lokasi tersebut di perkirakanan memiliki rongga dan tidak ada satu orang pun tahu asal mula dari batu tersebut. 

Lokasi: Desa lambur, Kec Kendang Serang, Pekalongan

10. Curug Bidadari

Lokasi wisata yang satu ini terbilang sedang hits di Pekalongan. Di kawasan air terjun ini terdapat lima cerug aliran air yang menyerupai kolam renang, mulai dari yang dangkal hingga yang sangat dalam.

Kerena pintu masuknya ke lokasi wisata ini berada di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Curuk ini lebih dikenal dengan nama Curug Batang. 

Lokasi: Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.(m)

Berita Terbaru