Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketimpangan Kualitas Pendidikan Penyebab Pendaftar Membludak di Sekolah Favorit

  • 28 Juni 2016 - 13:19 WIB

BORNEONEWS, Gumas - Adanya ketimpangan kualitas pendidikan menyebabkan pendaftar di sekolah tertentu membludak, di sekolah lain biasa-biasa saja. Saat sekolah-sekolah, taman kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) bahkan perguruan tinggi telah menerima siswa baru untuk tahun pelajaran 2016/2017. 

'Di Kuala Kurun cukup banyak sekolah. Misalnya untuk SMA dan SMP, tapi di SMAN 1 Kurun dan SMPN 1 Kurun pendaftarnya membludak. Di beberapa sekolah lainnya malah kurang diminati padahal sama-sama di ibu kota. Begitu juga dengan SMAN 1 Tewah, pendaftar juga banyak,' kata Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas), Gumer kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/6/2016) pagi.

Gumer menyatakan, dari pantauan yang dilakukan terkait penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017, ada sekolah yang pendaftarnya membludak dan ada yang malah minim pendaftar. Seperti hal yang terjadi di Kuala Kurun dan di Kecamatan Tewah.

Menurut Gumer, hal tersebut diakibatkan adanya ketimpangan kualitas dan sarana maupun prasarana pendidikan. Akibatnya, ada sekolah yang menjadi favorit dan ada sekolah kurang diminati para peserta didik dan para orang tua murid. 'Pasti lah para orang tua maupun siswa/siswi lebih memilih sekolah yang dinilai bagus untuk melanjutkan pendidikan,' cetus politisi PDIP itu.

Menurutnya, dengan masih terjadi ketimpangan kualitas pendidikan di Kabupaten Gumas. Harus menjadi tanggung jawab bersama untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Sehingga pendidikan di kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, bisa merata di semua sekolah.

'Harus menjadi pemikiran serius kita. Supaya baik dari segi kualitas, sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pengajar bisa sama. Dengan begitu memberikan banyak pilihan kepada peserta didik untuk melanjutkan pendidikan dan tidak lagi pendaftar membludak di beberapa sekolah,' tukasnya.

Ketua DPRD Gumas dua periode itu menyatakan, kalangan DPRD Gumas sangat serius dalam mendukung bidang pendidikan. Bahkan, anggaran dan program-program untuk pendidikan selalu dimuluskan oleh DPRD Gumas.

'Untuk kegiatan pendidikan selalu kami dukung. Kita harapkan Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Pendidikan supaya terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas suember daya manusia (SDM) didaerah ini,' katanya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru