Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Jamin Aman Pasokan Daging Sapi untuk Lebaran

  • Oleh Rafiuddin
  • 28 Juni 2016 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) menjamin ketersedian pasokan daging sapi untuk keperluan lebaran Idul Fitri 1437 Hijriayh aman. Bahkan saat ini pemerintah kabupaten telah membantu mendatangkan 400 ekor sapi, khusus untuk kebutuhan lebaran tahun 2016.

'Untuk sementara kebutuhan daging masih aman, tapi jika nanti kurang kami akan siap membantu pedagang mendatangkan dari luar,' kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kotawaringin Timur (DP3KP Kotim), I Made Dikantara, di Sampit, Selasa (28/6/2016).

Kepala DP3KP Kotim, I Made Dikantara, meminta warga tidak perlu risau akan terjadinya kelangkaan daging sapi saat menghadapi lebaran mendatang. Sebab pemerintah daerah menjamin ketersedian daging sapi saat lebaran aman. Pengalaman lebaran idul fitri pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang lebaran dipastikan kebutuhan daging sapi jauh meningkat  tajam dibandingkan hari biasa.

Jika hari biasa kebutuhan daging sapi dapat mencapai 1 ton perharinya, diperkirakan mendekati lebaran nanti akan meningkat hingga 4 sampai 5 kali lipat. Untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan daging sapi tersebut, pemerintah Kotim telah memfasilitasi mendatangkan 400 ekor sapi dari Madura Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan juga dari Nusa Tenggara Barat, dan kini sapi-sapi tersebut bahkan sudah tiba.

Dia mengaku, meski membantu memfasilitasi mendatangkan sapi, namun untuk harga jual daging sapi, pemerintah daerah tidak bisa melakukan intervensi kepada para pedagang. Sebab harga jualnya menyesuaikan harga beli sapi hidup yang masih tinggi.

Dia berharap, penjualan daging sapi menjelang lebaran mendatang masih tetap bertahan dikisaran Rp130 ribu perkilogram, tidak ada kenaikan. Jikapun terjadi kenaikan diharapkan tidak membebani warga.

Dari pantauan Borneonews, harga daging sapi di pasar-pasar tradisional di Kota Sampit bervariasi, ada yang menjual Rp130 ribu per kg hingga Rp140 ribu per kg. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru