Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Hal Menarik Dari Peristiwa Gempa Di Kalimantan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Juni 2016 - 18:51 WIB

BORNEONEWS-Pangkalan Bun- Terjadinya gempa di Kedawangan Kalimantan Barat dan Sukamara Kalimantan Tengah 24 Juni 2016 berdasarkan penelitian BMKG disebabkan adanya aktivitas gempa bumi kerak dangkal jenis intraplate.

Terjadinya gempa bumi di pulau Kalimantan ini bisa dikatakan menarik, lantaran pulau Kalimantan tidak termasuk jalur gempa di Indonesia.

"Gempa intraplate yaitu gempa yang terdapat di dalam lempeng itu sendiri yaitu lempeng Eurasia. Hal itu disebabkan karena patahan atau sesar aktif. Kemungkinan gempa terjadi karena patahan normal atau turun," jelas kepala BMKG Pangkalan Bun Lukman Soleh Selasa (28/6/2016).

Menurutnya ada yang unik dari mekanisme gempa tersebut. "Mekanisme gempa intraplate ini masih belum banyak diketahui. Karena itulah saat ini fenomena tersebut menjadi perhatian BMKG untuk diteliti," jelasnya.

Dikatakan menarik, lanjutnya, karena umumnya gempa interplate terjadi dari tubrukan antar lempeng yang banyak terjadi di barat Pulau Sumatera dan selatan Pulau Jawa.

"Gempa yang terjadi beberapa kali di Kalimantan ini terjadi pada lempengan. Biasanya gempa  terjadi pada lempengan itu sendiri tidak merusak secara kuat. Nah, gempa ini berbeda dengan yang dihasilkan oleh pergeseran atau tubrukan di antara lempengan," jelasnya.

Ia menjelaskan sekitar tahun 2010 lalu BMKG Pusat telah memasang alat pemantau gempa bumi/Tsunami Early Warning System di kantor BMKG Pangkalan Bun yang berada di Jalan Pramuka.

"Alat tersebut  bekerja secara remote yang dioperasikan dari BMKG pusat. Sehingga bila terdapat aktivitas gempa, bisa dengan cepat diketahui oleh BMKG pusat dan langsung menyebarkan informasi tersebut melalui situs resmi BMKG," pungkasnya. (YD/*)

Berita Terbaru