Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Lamandau Minta masyarakat Waspadai Kebakaran dan Pencurian di Rumah Kosong

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Juni 2016 - 05:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kepolisian resor (Polres) Lamandau mengimbau kepada masyarakat yang berencana untuk mudik ke luar daerah agar dapat memastikan bahwa rumah yang ditinggalkannya selama mudik lebaran aman dari gangguan ketertiban umum dan bencana, seperti kebakaran dan pencurian.

Berkaca dengan kondisi di tahun-tahun sebelumnya, kepolisian juga menilai bahwa tingkat kerawanan dan gangguan kamtibmas menjelang hari raya biasanya mengalami peningkatan.

"Menjelang hari raya termasuk hari raya idul fitri tren gangguan kamtibmas biasanya mengalami peningkatan, untuk itu warga dimimta tetap waspada dan warga yang tidak mudik tetap dapat meingkatkan pengamanannya di lingkungan masing-masing," beber Kapolres Lamandau, AKBP. Johanes Pngihutan Siboro.

Ia juga menyebutkan, diantara gangguan kamtibmas yang biasanya menjadi momok di setiap tibanya musim arus mudik seperti ini adalah pencurian di rumah kosong. Sering kali, para pelaku pencurian selalu membidik rumah kosong atau rumah yang ditinggalkan penghuninya tanpa penjagaan. Para pelaku kejahatan ini menggasak barang berharga yang ada di rumah yang ditinggal mudik itu.

Untuk itu, Kapolres mengingatkan agar para calon pemudik dapat melakukan upaya preventif dan antisipatif sebelum meninggalkan rumah. Setidaknya, pemudik juga dapat tenang dan keluarga juga senang.

"Sebelum mudik, saya sarankan agar masyarakat itu dapat menititipkan rumah atau tempat tinggalnya ke tetangga atau saudara terdekat, termasuk melapor kepada pihak keamanan sehingga meskipun ditinggalkan, rumah senantiasa turus ada yang mengawasi dan menjaga," bebernya.

Selain potensi pencurian di rumah kosong, yang harus selalu diwaspadai saat mudik menurut Kapolres adalah ancaman musibah kebakaran rumah/tempat hunian. Ancaman kebakaran ini juga seringkali berulang dari tahun ke tahun yang umumnya terjadi karena korsleting listrik akibat kelalaian pemilik saat meninggalkan rumah.

"Sebelum mudik, cek dulu semuanya termasuk listriknya, jangan sampai ditinggal tetapi kemudian terjadi korslet karena listrik terang terus. Pemilik rumah juga harus meminimalisir terjadinya korsleting, misalnya dengan tidak membiarkan tempat sambungan kabel terkumpul di satu sisi dan menimbulkan potensi korslet," tambahnya.

Selebihnya, Kapolres berharap bagi para warga yang tidak berniat mudik atau pergi keluar daerah agar dapat bahu membahu menjaga keamanan lingkungan, ketertiban umum. Caranya, dengan mengaktifkan ronda, termasuk mengkoordinasikannya dengan pihak keamanan agar dapat cepat dihubungi jika terjadi hal-hal yang diinginkan. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru